Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » 10 Bahaya Akibat Kurang Tidur

10 Bahaya Akibat Kurang Tidur

Kurang tidur kerap menjadi “penyakit langganan” para lanjut usia. Meski dikatakan, semakin tinggi usia, maka frekuensi tidur akan semakin sedikit, namun banyak lansia mengalami kurang tidur. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur sanggup membuat Anda sakit baik secara fisik dan mental.
Berikut beberapa bahaya akibat kurang tidur:

  1. Daya tahan tubuh menurun
    Tidur menjadi salah satu cara tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga saat Anda tidur, maka pertahanan tubuh pun menjadi tidak maksimal. Hasilnya Anda jadi mudah terserang penyakit.
  2. Kesehatan jantung terganggu
    Menurut beberapa penelitian kesehatan, kurang tidur mampu membuat kesehatan jantung Anda terancam. Sebab saat Anda kurang tidur jantung tidak mampu memompa darah dalam jumlah yang normal sehingga akan menyebabkan penyakit jantung.
  3. Kanker
    Tahukah Anda saat Anda kurang tidur maka akan meningkat pula risiko Anda untuk terkena kanker? Hal ini lagi-lagi disebabkan karena daya tahan tubuh yang melemah sehingga produksi sel kanker menjadi lebih ganas.
  4. Sering bingung
    Sering merasa bingung saat kurang tidur? Ya, bingung menjadi salah satu dampak buruk dari kurang tidur. Sebab kurang tidur mampu membuat kemampuan otak menjadi berkurang. Anda tidak bisa berpikir jernih sehingga dapat mempengaruhi Anda saat beraktivitas.
  5. Pelupa
    Saat otak Anda mendapatkan sinyal dari tubuh bahwa Anda kurang tidur, maka seluruh proses berpikir Anda menjadi kusut. Otak tidak mampu berkonsentrasi dan kurang fokus, hasilnya Anda menjadi mudah lupa.
  6.  Hormon berkurang
    Produksi hormonal Anda akan menurun drastis tatkala kurang tidur. Menurut beberapa penelitian dikatakan bahwa jika Anda tidur selama lima jam atau kurang, maka hormon Anda akan menurun sebanyak 10%-15%.
  7. Kenaikan berat badan
    Anda ingin terhindar dari kegemukan? Cobalah untuk tidur secara teratur dengan waktu tidur yang cukup. Sebab saat Anda tidur kurang dari 5 jam setiap hari, maka akan terjadi kenaikan berat badan dengan cepat.
  8. Diabetes
    Saat tubuh Anda kurang tidur, tingkat insulin akan meningkat. Dan hasilnya risiko diabetes pun akan meningkat.
  9. Kehilangan kendali
    Karena tidur mampu membuat Anda kurang fokus, maka Anda jadi akan mudah kehilangan kendali. Bisa saja Anda jadi sering jatuh, tidak sengaja menjatuhkan saat memegang barang, atau kurang kontrol saat mengendarai kendaraan.
  10. Semakin cepat keriput
    Kesegeran kulit juga dipengaruhi oleh waktu tidur yang cukup. Saat Anda kurang tidur, maka akan mudah muncul garis halus, kerutan, dan pigmentasi di kulit Anda. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi kecantikan Anda.

Tak peduli seperti apa kesibukan Anda, usahakan untuk selalu tidur cukup setiap harinya. Sebab jika Anda kurang tidur dan Anda sakit, maka seluruh aktivitas Anda pun akan tertunda. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates