Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » 10 Cara Alami Turunkan Kolesterol

10 Cara Alami Turunkan Kolesterol

10 Cara Alami Turunkan Kolesterol

10 Cara Alami Turunkan Kolesterol (Foto: dok. caramenurunkankolesterol.com)

10 Cara Alami Turunkan Kolesterol – Penyakit kolesterol adalah salah satu ancaman bagi semua orang. Faktanya kolesterol adalah zat alami yang dibuat oleh hati dan penting untuk memastikan berfungsinya banyak saraf dan hormon. Tetapi kelebihan kolesterol bisa meningkatkan risiko stroke.

Dilansir dari Women Daily Magazine, kadar kolesterol bisa diturunkan dengan cara-cara alami berikut:

  1. Kacang-kacangan
    Kacang dikenal menurunkan kadar kolesterol secara alami. Kenari, kacang mete dan almond adalah cara terbaik untuk mengurangi kadar kolesterol. Tapi kacang-kacangan juga tinggi kalori, sehingga harus bijak dalam mengonsumsinya.
  1. Hindari lemak trans
    Lemak trans harus dihindari karena meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan yang baik. Kebanyakan ditemukan dalam makanan kemasan komersial atau makanan yang digoreng. Lemak trans meningkatkan risiko serangan jantung dan bisa menyebabkan kematian.
  1. Jangan merokok
    Berhenti merokok bisa sangat meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik. Ini tidak hanya meningkatkan kolesterol baik tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung.
  1. Coklat
    Coklat adalah antioksidan yang paling lezat berfungsi untuk mudah meningkatkan pertumbuhan kolesterol baik. Antioksidan terbanyak didapat di coklat hitam (dark chocolate).
  1. Oatmeal
    Sangat dianjurkan untuk memulai hari dengan asupan serat, salah satunya adalah oatmeal. Oatmeal terdiri dari serat yang berubah menjadi gel setelah masuk ke dalam tubuh dan tidak hanya memberi rasa satiasi tapi juga mengganggu pencernaan kolesterol jahat dari tubuh.
  1. Olahraga
    Berolahraga adalah hal yang paling utama agar tubuh tetap sehat. Berolahraga diyakini bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan yang buruk, juga meningkatkan aliran darah sehat serta untuk menurunkan tekanan darah. Paling sedikit 2-3 jam berolahraga seminggu untuk memastikan kadar kolesterol terjaga baik.
  1. Cukup tidur
    Tidur idealnya selama 7-8 jam. Kurang tidur tidak hanya meningkatkan kolesterol jahat, tapi juga meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan keinginan untuk makan. Jadi setiap kali begadang, ingatlah bahwa hati dipertaruhkan dengan membiarkan peningkatan kolesterol jahat.
  1. Kayu manis
    Setengah sendok makan kayu manis bisa meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Kayu manis juga bisa memperenak rasa makanan. Tidak ada salahnya memberikan sedikit kayu manis bubuk pada makanan.
  1. Minyak zaitun
    Minyak Zaitun dipercaya menurunkan kadar kolesterol karena diperkaya dengan asam lemak tak jenuh yang tidak hanya menurunkan kolesterol jahat, namun juga memberi efek pemangkasan pada perut. Minyak zaitun bisa digunakan untuk memasak sayuran atau untuk salad.
  1. Makanan yang mengandung kedelai
    Makanan yang mengandung kedelai adalah makanan yang rendah lemak jenuh dan bisa menurunkan kadar kolesterol. Ada beberapa jenis protein khusus dalam kedelai yang membantu tubuh mengatur kolesterolnya. Mengonsumsi kedelai atau mengonsumsi makanan yang terbuat dari makanan seperti susu kedelai, tahu, dan lainnya benar-benar dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates