Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » 101 Resep Hidup Baru di Tahun Baru

101 Resep Hidup Baru di Tahun Baru

Tahun baru adalah sebuah momen yang patut disyukuri dalam perjalanan hidup kita. Anugerah yang diberikan ini menjadi sebuah peristiwa langka yang harus diisi dengan berbagai hal berguna. Uraian eksklusif 101 Resep Hidup Baru di Tahun Baru ini bisa menjadi tuntunan hidup Anda di tahun 2016. Selamat mencoba!

1. Ambil waktu merenung
Tak ada salahnya mengambil waktu sesaat untuk merenungkan sebuah perjalanan yang telah ditempuh sepanjang 2013. Itu menjadi cermin untuk Anda melangkah di 2014. Segala yang tidak baik harus ditinggalkan dan dirubah agar Anda bisa tampil lebih baik lagi.

2. Komitmen baru
Anda harus berani membuat komitmen untuk hidup sehat, bugar, dan penuh antusias. Tinggalkan kebiasaan lama yang kurang mendukung komitmen Anda. Ingat, kini Anda harus siap menjalani kehidupan baru.

3. Bangun lebih pagi
Tak ada gunanya kalau Anda bangun agak siang karena bermalas-malasan. Ada banyak manfaat tatkala Anda bangun di pagi hari. Udara pagi begitu segar dan baik untuk kesehatan.

4. Berdoalah di pagi hari
Saat bangun pagi, isilah hari dengan berdoa lebih awal. Datang kepada-Nya di pagi hari akan membuat hari Anda damai sepanjang hari.

5. Minum air putih hangat di pagi hari
Minumlah air putih hangat ketika Anda bangun tidur setidaknya 1-2 gelas. Ini sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda sepanjang hari. Organ-organ tubuh yang baru saja ‘tidur’, dipanaskan kembali dengan siraman air hangat.

6. Mulai berolahraga
Jika sebelumnya Anda malas berolahraga, sekarang tidak lagi. Bangunlah lebih pagi, lakukan gerak tubuh atau olahraga ringan yang akan membuat Anda lebih bugar dan sehat. Jika tidak memungkinkan keluar rumah, lakukan gerakan-gerakan senam kecil di rumah, atau bahkan di tempat tidur. Pilihlah olahraga yang mampu Anda lakukan dan jangan memaksakan diri.

7. Berpikir positif
Tanamkan pikiran positif dalam benak Anda. Jangan mudah terbawa oleh arus negatif yang akan membuat Anda merana. Ingat, banyak keuntungan bila Anda berpikir positif.

8. Rajin membaca
Membaca banyak gunanya. Selain menambah pengetahuan, juga berguna melatih fungsi otak Anda. Bacalah bacaan yang berguna supaya otak Anda terasah, meski sudah tak muda lagi.

9. Tersenyumlah
Dibalik senyuman yang tulus ada rasa empati yang tinggi. Tersenyum bukan hanya membuat dunia lebih indah, tapi juga membuat hubungan dengan sesama lebih baik dan berguna bagi kesehatan Anda.

10. Kerjakan semampunya
Jangan biasakan apa-apa minta bantuan orang lain. Selagi Anda mampu melakukannya, apa salahnya dikerjakan sendiri. Dengan mengerjakan sendiri, organ-organ tubuh Anda akan bergerak dan menjadi tidak kaku.

11. Jangan padamkan semangat hidup
Sekali semangat hidup Anda padam, maka berakhirlah semuanya. Karena itu, tetap kobarkan spirit Anda. Yakinkan bahwa hidup Anda begitu berguna. Bagaimanapun adanya Anda percayalah hidup itu indah.

12. Luangkan waktu bersama pasangan
Bagi Anda yang masih berpasangan, cobalah luangkan waktu pergi berdua. Entah itu makan, nonton, atau sekadar jalan-jalan. Itu bukan hanya menghangatkan kembali cinta Anda, tapi juga membuat Anda melihat betapa berartinya pasangan Anda.

13. Berdamai dengan diri sendiri
Banyak orang memiliki konflik dengan dirinya sendiri. Entah itu karena masa lalu, atau ketidaksesuaian hidup kini. Cobalah berdamai dengan diri Anda sendiri. Katakan, apa pun yang Anda jalani sekarang, itu adalah anugerah Tuhan yang harus disyukuri. Masa lalu Anda sudah berlalu

14. Rukun dengan masa lalu
Banyak orang menjadikan masa lalu bak batu sandungan di masa kini. Padahal, tidak harus demikian. Justru masa lalu adalah cermin bagi masa kini dan masa depan. Percayalah, Anda tidak lagi hidup di masa lalu. Kekinian Anda membutuhkan diri Anda seutuhnya, bukan bawaan dari masa lalu.

15. Stop berandai-andai
Hidup itu bukan andai-andai. Hidup adalah fakta. Apa yang bisa Anda lakukan hari ini, lakukanlah. Tidak perlu berhayal ini-itu, apalagi hal-hal yang terlalu tinggi. Jalani saja hidup yang ada sekarang, dan syukurilah.

16. Jadwal makan yang teratur
Mungkin di masa muda, lantaran kesibukan, Anda memiliki jadwal makan yang tidak beraturan. Hal itu tidak boleh terulang lagi kini. Tetapkan schedule makan Anda dengan teratur dan jalankan dengan sebaik-baiknya.

17. Kurangi minuman bersoda
Banyak minum minuman bersoda dapat mengacaukan sistem pencernaan dan mengakibatkan dehidrasi. Belum lagi sejumlah risiko lain, seperti merusak ginjal, osteoporosis dan diabetes. Jadi, kurangi sekarang!

18. Stop merokok
Bagi Anda yang masih suka “ngebul”, sekarang saatnya berhenti total. Kekuatan tubuh Anda akan semakin rentan penyakit bila Anda memaksakan diri untuk terus merokok. Jadilah bijak!

19. Jangan kebanyakan duduk
Meski sudah lebih banyak waktu “nganggur”, bukan berarti Anda hanya duduk-duduk saja sepanjang hari. Bergeraklah! Dan lakukan aktifitas agar tubuh Anda bergerak.

20. Jadilah pembersih
Meski sudah senja, bukan berarti Anda bisa hidup semrawut. Pola hidup yang asal-asalan hanya akan membuka celah bagi aneka penyakit. Hiduplah yang bersih, mulai dari bersih diri, rumah dan lingkungan sekitar.

21. Hindari minuman beralkohol
Pada banyak orang, minuman beralkohol telah menjadi gaya hidup. Sering minum minuman beralkohol akan mengurangi kemampuan kinerja otak. Berbagai penyakit lain pun siap mengintai bila Anda teruskan “tradisi” ini. Jadi, waspadalah!

22. Jadikan persoalan menjadi tantangan
Masalah pasti selalu ada sepanjang manusia hidup. Namun, tak perlu larut dalam masalah ini sendiri. Rubah pandangan Anda dengan melihat masalah itu sebagai sebuah tantangan yang memotivasi Anda untuk menjadikan hidup lebih baik lagi.

23. Legakan pernafasan Anda
Bangun pagi-pagi sekali harus jadi agenda Anda. Keluar dari rumah, dan tariklah nafas sedalam-dalamnya. Biarlah rongga dada Anda mengembang, sehingga begitu banyak oksigen yang terhirup. Itu baik bagi tubuh Anda.

24. Dengarkan musik
Sejatinya, setiap insan suka mendengar musik. Cobalah dengar musik kesukaan Anda dan biarkan Anda larut dalam musik itu. Menurut penelitian, musik dalam menurunkan tekanan darah dan stres.

25. Berdamai dengan stres
Persoalan yang ada tidak perlu membuat Anda memiliki stres tingkat dewa. Easy going saja dan yakinlah, apa pun masalahnya pasti ada jalan keluarnya. Hadapi persoalan dengan bijak.

26. Jangan egoistis
Setiap orang punya tingkat egoistis masing-masing. Tapi tidak perlu berlebihan. Milikilah jiwa yang legowo dan bisa menerima apa adanya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menjalani hidup ini.

27. Ramah pada sesama
Bersikap ramah kepada semua orang ada hikmahnya bagi Anda pribadi. Cobalah tersenyum atau menyapa bila berjumpa atau berpapasan dengan orang yang Anda kenal. Jangan merasa ‘senior’ lantas tunggu disapa oleh orang lain.

28. Jalankan hobi
Kini saatnya mengeksplor hobi Anda. Jangan ragu, dengan segala kemampuan yang ada, jalankan hobi Anda yang akan melahirkan kegirangan dalam diri Anda. Siapa tahu di balik kegemaran Anda, ada nilai bisnis yang bisa dilakoni berbarengan.

29. Jangan hanya menonton televisi
Mencari informasi lewat berita-berita di televisi itu penting. Tapi bukan berarti Anda harus seharian duduk di depan televisi. Justru sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Tubuh yang lebih banyak diam berisiko terkena berbagai penyakit berbahaya.

30. Hindari baca sambil tiduran
Ketahuilah membaca sambil tiduran akan membuat mata Anda jadi cepat lelah. Bila dibiarkan mata jadi cepat rusak. Duduklah saat membaca, agar cahaya yang masuk ke mata bisa berbanding lurus.

31. Ciptakan suasana hangat di rumah
Mungkin Anda hanya tinggal berduaan di rumah dengan pasangan, tapi bukan jadi alasan Anda hanya sibuk masing-masing. Cobalah ciptakan suasana yang hangat di rumah. Saling berbagi cerita sembari meneguk segelas teh hangat dan sepiring pisang goreng.

32. Banyak membaca dan menulis
Jangan katakan Anda tidak suka membaca dan menulis. Itu sama saja mematikan kreatifitas Anda. Rajin membaca dan menulis akan terus merangsang sinaps, yaitu penghubung antar-saraf. Selain itu juga bisa meningkatkan konsentrasi dan mencegah kepikunan.

33. Jangan terlalu banyak tidur
Banyak tidur hanya akan membangkitkan spirit kemalasan. Dihimbau, tidur malam pun tidak boleh lebih dari 7-8 jam. Demikian juga tidur siang, disarankan jangan terlalu panjang sebab bisa meningkatkan risiko diabetes dan stroke.

34. Jangan mudah percaya mitos
Tentu ada banyak mitos yang beredar dalam hidup ini. Waspadalah, jangan langsung mudah percaya pada mitos, sebab belum tentu demikian faktanya. Ada baiknya mitos-mitos itu diuji dengan sebaik-baiknya.

35. Bangun mitra ‘hangat’ dengan anak-anak
Jangan jadi orangtua yang merasa paling hebat dari anak-anaknya. Bangunlah kemitraan yang sehat dan ‘hangat’ dengan anak-anak. Ingat, mereka ada penguasa di eranya, dan Anda penguasa di era Anda yang sudah berlalu.

36. Jalan-jalan ke taman
Lewatkan waktu di pagi hari dengan berjalan-jalan santai ke taman yang mungkin kebetulan dekat dengan kediaman Anda. Berada di tengah pohon-pohon yang rindang, akan turut juga meneduhkan jiwa Anda.

37. Asyiknya belanja
Wow, terutama bagi Anda kaum perempuan, belanja memiliki keasyikan tersendiri. Kenapa Anda sesekali tidak pergi berbelanja? Lakukanlah, baik itu dengan pasangan atau dengan teman-teman seusia, dijamin pasti suasana akan menyenangkan.

38. Berkebun
Cukup manfaatkan luas lahan yang ada di rumah Anda. Isi hari-hari dengan berkebun akan membuat Anda bergerak lugas. Tanam tanaman yang berguna, seperti apotik hidup. Tentu itu akan sangat bermanfaat bukan!

39. Nonton film komedi
Tidak ada salahnya bersama pasangan atau anggota keluarga lainnya Anda menyetel film komedi di rumah. Atau bisa juga pergi bersama-sama menonton film komedi di bioskop. Dengan banyak tertawa itu akan sangat menyegarkan tubuh Anda.

40. Bersepeda santai
Sepeda santai akan banyak membantu otot-otot Anda menjadi lebih kuat lagi. Intinya, jangan terlalu dipaksakan, tapi sesuaikan dengan kemampuan Anda. Jika mampu bersepedalah ke luar rumah.

41. Ikut senam sehat
Tubuh harus selalu bergerak. Cobalah Anda ikut senam sehat bagi para orangtua. Sangat bermanfaat meningkatkan fungsi organ tubuh dan imunitas dalam tubuh. Ada begitu banyak model senam yang ditawarkan. Sesuaikan dengan usia Anda agar didapat hasil maksimal.

42. Tai Chi, kenapa tidak!
Gerakan model olahraga ini mengutamakan unsur kelembutan. Bahkan bak tarian yang indah. Bila secara rutin dilakukan, terbukti ampuh meningkatkan ketahanan tubuh. Tak ada salahnya kan Anda coba.

43. Rutin ketemu cucu
Tentu ada kebahagiaan tersendiri bagi Anda saat bertemu cucu. Entah itu bercanda atau berdiskusi. Ada kegirangan yang berbeda setiap kali bertemu cucu. Selain menyalurkan kasih sayang sebagai kakek-nenek, secara personal juga bisa membantu meningkatkan spirit hidup Anda.

44. Kursus keterampilan
Tak ada kata terlambat untuk belajar. Tak ada salahnya Anda mencoba sebuah hobi baru dengan tuntas. Termasuk ikut kursus keterampilan, utamanya bagi kaum perempuan. Misal kursus keterampilan menjahit, memasak kue, merajut, dan sebagainya.

45. Sedia meminta maaf
Tidak ada orang yang sempurna. Setiap orang pasti pernah berbuat salah. Karena itu, jangan pernah malu meminta maaf, entah itu dengan pasangan, anak, atau cucu Anda sekalipun. Kesediaan meminta maaf menunjukkan kebesaran jiwa dan kearifan pemikiran Anda.

46. Tekun beribadah
Jalani berbagai aktivitas beribadah dengan tekun. Ada begitu banyak manfaat dengan Anda menjalani berbagai waktu peribadahan. Semua itu bisa menambah kebijaksanaan Anda, sehingga semua pengalaman hidup Anda akan dipadu dengan sikap arif dan jiwa kerohanian yang sehat.

47. Nonton di teater
Kegiatan ini kebanyakan disukai oleh para senior. Pergilah bersama teman-teman seusia. Usahakan hadiri konser musik atau teater dari bintang yang mungkin pernah Anda idolakan.

48. Berkaraoke ria
Ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Luangkan waktu bersama pasangan atau teman sebaya untuk berkaraoke ria. Dengan cuap-cuap, metabolisme tubuh Anda akan semakin baik.

49. Tetap optimis
Lalui hari-hari dengan sikap hidup yang optimis. Buang jauh pemikiran skeptis, apalagi apatis. Dengan selalu bersikap optimis, berbagai persoalan akan mampu dituntaskan dengan kasih.

50. Waktu rileks
Jangan terlalu banyak kesibukan dalam keseharian. Selalu manfaatkan waktu untuk rileks. Dengan begitu kebugaran tubuh Anda akan terpelihara dengan baik.

51. Up to date
Bukan berarti tua lantas jadi kuno! Kalau perlu upgrade diri Anda dengan berbagai pengetahuan lewat pemberitaan atau informasi dari pihak-pihak lain. Intinya, jangan jadi orang yang ketinggalan jaman.

52. Reunian, kenapa tidak!
Ini menjadi ajang yang sangat mengasyikan. Bertemu teman-teman sekolah atau kuliah dulu menjadi sebuah momen yang penuh canda. Cobalah rencanakan reunian dan bergembiralah!

53. Surfing di internet
Jadilah senior yang ‘gaul’. Tak ada salahnya Anda ikut berselancar di internet. Ada begitu banyak pengetahuan yang akan Anda raih di situ. Kalau belum bisa, jangan malu minta cucu untuk mengajari Anda.

54. Interaksi dengan orang muda
Buka diri dan bergaullah dengan orang muda. Jangan karena merasa tua, lantas mengeksklusifkan diri. Selain bisa berbagi pengalaman, Anda juga bisa menyerap perkembangan jaman terkini dari orang yang lebih muda.

55. Jangan terpengaruh stigma
Orangtua sering diwarnai dengan berbagai stigma negatif. Abaikan saja! Jangan percayai stigma. Yakinlah, ada banyak hal yang masih bisa Anda lakukan. Jangan tunggu senja apa yang bisa Anda lakukan saat ini.

56. Jangan sering menyendiri
Menurut penelitian, orang yang sering menyepi dan merasa kesepian akan lebih sering datang ke layanan gawat darurat di rumah sakit. Percayalah, apa pun yang terjadi dalam hidup Anda, baik itu suka dan duka, adalah warna kehidupan yang memang harus dijalani. Buka diri Anda dan keluarlah dari zona nyaman.

57. Masuk komunitas
Guna menghindari rasa kesepian, sudah saatnya Anda masuk pada komunitas senior. Ada begitu banyak komunitas senior. Salah satunya ISCC yang secara rutin mengadakan acara ‘Temu Rindu’ di Karawaci. Segudang manfaat akan Anda rasakan bila bergabung dengan komunitas para senior.

58. Kurangi makanan ber-MSG
Sudah saatnya Anda mengurangi berbagai macam makanan ber-MSG. Banyak mengonsumsi MSG bisa meningkatkan kadar kolesterol Anda. Pilihlah makanan-makanan tanpa MSG dan pengawet. Atau jauh lebih baik Anda makan makanan yang dimasak sendiri.

59. Makan dengan benar
Cara makan yang sehat menurut penelitian beberapa ahli adalah berhenti makan 4-5 jam sebelum tidur. Mengunyah setiap suap 30-50 kali untuk memastikan makanan telah layak dikirim ke lambung. Minum jus 30 menit sebelum waktu makan. Jangan memakai MSG atau pengawet buatan.

60. Diet sehat
Pola makanan yang terseleksi (diet) akan sangat membantu Anda untuk mendapat hidup yang lebih baik. Diet tidak harus menyiksa diri, melainkan hanya membatasi jumlah makan yang diasup dan memilah mana yang berguna bagi tubuh.

61. Hindari obesitas
Sudah saatnya di tahun 2014 Anda komitmen untuk mengurangi kegemukan. Obesitas akan membuat tubuh mudah dihinggapi penyakit yang mematikan. Kontrol makanan Anda sekarang juga.

62. Rajin kontrol kadar gula
Utamanya bagi Anda penderita diabetes, usahakan secara rutin melakukan pengecekan kadar gula darah. Dengan mengetahui secara pasti berapa kadar gula darah tentu Anda akan tahu bagaimana cara menormalisasikannya. Untuk itu, diupayakan komitmen dari Anda sendiri.

63. Konsumsi beras merah
Sudah saatnya Anda mengonsumsi beras merah. Ada banyak manfaat dibalik beras merah. Selain memberi efek awet muda, juga sebagai antioksidan, serta mampu menurunkan berat badan. Beras merah juga kaya akan serat yang tinggi.

64. Hindari makanan berlemak jenuh
Lemak jenuh terdapat dalam aneka macam daging. Pilih lemak yang baik, seperti yang terdapat pada minyak zaitun. Jaga agar asupan lemah jenuh tak lebih dari 10 persen dari total kalori harian.

65. Jangan terlalu terpapar sinar matahari
Akibat menipisnya lapisan ozon, sinar matahari kian menyengat terasa. Itu berbahaya, utamanya bagi kulit. Kulit jadi mudah keriput dan bisa mengakibatkan kanker kulit. Gunakan sunblock bila harus bepergian.

66. Konsumsi banyak sayur dan buah
Masukkan selalu pada menu harian sayur dan buah. Sayur-sayuran berwarna hijau akan sangat membantu Anda untuk tidak kekurangan serat. Demikian juga buah-buahan akan membuat tubuh Anda lebih kuat dan sehat lagi.

67. Rutin periksa kesehatan
Ini menjadi salah satu kunci keberhasilan dari pemeliharaan kesehatan. Jadwalkan pemeriksaan kesehatan yang rutin dan jalankan dengan setia. Jangan abai! Kesehatan menjadi salah satu faktor kunci panjang umur.

68. Keseimbangan mental dan batin
Mental dan batin yang sehat akan menciptakan keseimbangan hidup. Untuk membuat keseimbangan di antara keduanya, kedekatan kita dengan Sang Pencipta akan membuat kedua hal itu menjadi padu.

69. Rekreasi
Jangan remehkan rekreasi. Jadwalkan rekreasi, entah itu bersama pasangan, anak-anak dan cucu-cucu atau dengan rekan-rekan seusia. Menikmati sebuah perjalanan yang mengasyikan akan sangat membantu Anda untuk lebih bugar lagi.

70. Kembali ke alam
Bukan berarti Anda anti terhadap teknologi. Hanya saja terbukti, segala yang berasal dari alam memiliki nilai lebih bagi kesehatan Anda. Bahkan hanya dengan memandang panorama alam yang indah sudah bisa membuat Anda hidup lebih sehat. Jadilah sesekali luangkan waktu untuk melihat keindahan alam.

71. Makan makanan bergizi
Kebutuhan makan senior pasti akan semakin berkurang seiring usia. Namun, bukan berarti Anda harus makan asal-asalan. Tetap perhatikan keseimbangan gizi dalam tiap asupan makanan harian. Salah-salah makan, penyakit siap menghadang.

72. Minum susu
Bukan berarti Anda kembali menjadi baby, tapi susu, khususnya untuk kesehatan tulang menjadi bagian penting di usia yang meninggi. Jalankan tradisi minum susu dengan rutin dan pastikan susu yang diminum mengandung kalsium tinggi yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

73. Sanggup menerima perbedaan
Dalam hidup perbedaan adalah anugerah dari Yang Kuasa. Terimalah perbedaan dan maknai perbedaan dengan sikap bersyukur. Ingat, setiap anak atau cucu punya keunikan tersendiri. Tak perlu membanding-bandingkan satu dengan yang lain.

74. Ikhlas menjadi tua
Banyak orang kurang siap menerima kesenjaan. Padahal, itu adalah sebuah metamorfosa kehidupan alami. Ikhlaslah menerima realita bahwa Anda kini sudah berusia tua. Nikmati saja, dan isi waktu kehidupan dengan hal-hal yang berguna, bukan hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi banyak orang.

75. Jaga kesehatan gigi dan mulut
Bukan berarti satu per satu gigi tanggal, lantas tidak perlu dirawat lagi kan? Tetap jaga kesehatan mulut dan gigi, sebab itu menjadi pintu masuk bagi kuman-kuman. Sikatlah gigi secara rutin, berkumurlah setiap kali menyantap makanan. Secara berkala periksakan ke dokter gigi.

76. Jauhi depresi
Yakinkan pada diri Anda bahwa apa pun persoalan yang terjadi dalam hidup pasti akan bisa diatasi. Jangan mudah menjadi stres, apalagi depresi. Sebab itu akan mendatangkan penyakit-penyakit yang tidak Anda maui.

77. Minum teh hijau
Menurut penelitian, minum teh hijau setidaknya lima cangkit per hari bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke.

78. Sering-sering berdiskusi
Luangkan waktu bertemu dengan teman-teman atau orang-orang di sekitar lingkungan Anda untuk berdiskusi mengenai sesuatu hal. Ini penting untuk tetap menjaga konektifitas otak Anda. Berdiskusi bukan berarti harus berdebat. Tapi itu hanya sebagai ajang asah otak sekaligus menimba ilmu.

79. Tidak mudah menyerah
Jangan jadi pribadi yang mudah menyerah. Meski sudah berusia lanjut, fighting spirit harus dimiliki. Jadilah pribadi yang tidak mudah menyerah.

80. Kurangi makanan junkfood
Serba instan mungkin terkesan enak dan gampang. Tapi menurut penelitian makanan-makanan serba instan justru berpotensi menyuburkan penyakit. Ini juga disebabkan kondisi tubuh orang yang sudah beranjak senja memang tidak sestabil yang muda.

81. Perhatikan lantai kamar mandi
Kamar mandi menjadi ruang di rumah yang kerap memakan ‘korban’. Pastikan lantai di kamar mandi selalu kering. Kondisi lantai yang basah bisa membuat Anda terpeleset dan jatuh.

82. Lakukan aktifitas fisik yang ringan
Selain memang Anda sedang sakit atau harus bedrest, ada baiknya Anda mengisi hari-hari dengan berbagai aktifitas fisik yang ringan. Ini akan sangat membantu Anda tampil sehat dan hidup dinamis.

83. Konsumsi suplemen
Tak ada salahnya Anda mengonsumsi suplemen untuk lebih memperkuat dan menyehatkan tubuh Anda. Pilih suplemen yang baik dan untuk itu lebih baik konsultasikan dengan dokter.

84. Ikut asuransi
Kenapa tidak! Pilihlah asuransi yang baik dan terpercaya. Ada banyak kegunaan dari berasuransi. Tapi waspada juga, cermati hal-hal yang disampaikan oleh marketing asuransi agar semuanya terang benderang.

85. Buang jauh sensitifitas
Jangan jadi pribadi yang sensitif. Sikap itu akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Rubahlah kepribadian Anda yang negatif itu. Belajarlah untuk memahami sekitar Anda dan jadilah bijak.

86. Selalu bercanda
Jadikan bercanda menjadi budaya keseharian Anda. Dengan banyak tertawa, hidup Anda akan lebih berwarna dan terasa indah. Berbagi canda dengan sesama akan membuat dunia Anda lebih sukacita.

87. Bijak berargumentasi
Tanamkan dalam diri Anda kesungguhan untuk tidak memaksakan kehendak, entah itu kepada anak, cucu atau di lingkungan sekitar. Anda tidak perlu beradu argumentasi sampai harus ngotot-ngototan. Sampaikan apa yang ada dalam benak Anda dan biarkan kalau orang lain harus memilih yang terbaik.

88. Tetap rendah hati
Jangan merasa karena Anda sudah tua lantas lebih pintar atau banyak tahu dari yang lain. Ingat filosofi, di atasnya langit ada langit lagi. Jadi, lebih baik Anda bersikap rendah hati. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah diterima dalam komunitas, bahkan menjadi pribadi yang diidolakan.

89. Minum air putih yang cukup
banyak minum air putih sangat baik untuk kesehatan. Minum air putih saat bangun tidur. Dan konsumsilah secara tepat. Itu akan sangat membantu pencernaan dan menghalau berbagai penyakit.

90. Berdamai dengan semua orang
Sekarang saatnya kamu membangun sebuah atap perdamaian dengan semua oragn. Mungkin di masa lalu ada hal-hal yang tidak mengenakan dengan saudara atau kerabat. Segera selesaikan itu dengan bijak.

91. Sedia memaafkan
Memaafkan mungkin menjadi sesuatu yang berat untuk dilakukan. Tapi tidak ada alasan untuk tidak memaafkan. Seberat apa pun belajarlah untuk bisa memaafkan semua kesalahan orang pada Anda.

92. Gaya hidup sehat
Terapkan gaya hidup sehat. Jauhi hal-hal yang tidak baik, seperti pergi ke pub, minum alkohol, bergadang, dan sebagainya. Gaya hidup Anda bisa ikut menentukan berapa lama usia Anda.

93. Membangun persahabatan
Meski sudah berusia lanjut, tak ada salahnya Anda membangun persahabatan yang sehat dengan orang lain. Dengan memiliki sahabat yang bisa dipercaya, akan membuat hidup Anda lebih baik karena ada teman sharing.

94. Bantu pasangan
Di tengah banyak waktu di keseharian tak ada salahnya diisi dengan saling membantu pasangan. Mungkin hal itu bisa lebih merekatkan hubungan cinta Anda.

95. Berkunjung ke museum
tak ada salahnya Anda sesekali mengajak cucu-cucu untuk mendatangi museum. Selain menambah wawasan, juga bisa Anda manfaat untuk berbagi cerita tentang sejarah masa lalu. Pastikan rekreasi ke museum akan lebih mengasyikan.

96. Selektif memilih jajanan
Jajan jangan sembarang jajan. Coba lebih selektif memilih jajanan. Misal, jajanan gorengan atau minuman bersoda sebaiknya dihindari.

97. Tata kembali barang-barang di rumah
Menata kembali barang-barang di rumah memiliki keasyikan tersendiri. Ajak anggota keluarga yang lain untuk bisa membantu. Pastinya ada banyak hal lucu dan unik sepanjang proses penataan kembali itu. Nikmatilah!

98. Cintailah diri sendiri
Anda adalah bagaimana adanya Anda. Karena itu, cobalah untuk lebih menyayangi diri Anda. Rawat dan peliharalah sebaik-baiknya diri Anda. Jauhkan dari diri Anda hal-hal yang bisa mengganggu diri Anda. Jadilah pecinta bagi diri Anda sendiri.

99. Mau memberi pujian
Banyak senior yang ‘pelit’ terhadap pujian. Hindari hal itu. Cobalah hargai apa yang orang lain lakukan dengan memberi pujian. Ketahuilah, pujian yang Anda berikan akan sanggup mengangkat kepercayaan diri orang lain dan membuatnya merasa lebih ‘hidup’.

100. Jadi konselor
Jangan maunya hanya Anda yang bicara. Tapi sesekali Anda harus berubah peran menjadi pendengar yang baik. Mungkin lawan bicara Anda perlu orang yang mendengarkan keluh kesahnya. Biarkan dia bicara sepuasnya. Setelah itu, mungkin ada hal-hal yang ingin Anda sampaikan. Utarakan dengan perlahan dan bijaksana.

101. Carilah “pendamping”
Mencari “pendamping” di sini bukan berarti Anda harus menikah lagi, tapi carilah orang yang bisa menemani Anda di keseharian, seperti perawat kesehatan (care giver atau home care) yang akan membantu Anda beraktifitas sementara anak-cucu sibuk bekerja. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates