Senin , 20 November 2017
Home » Artikel » 12 Makanan Tepat Untuk Jantung Sehat

12 Makanan Tepat Untuk Jantung Sehat

Agar jantung sehat, jangan sembarangan mengonsumsi makanan. Berikut ini adalah makanan yang akan membuat jantung Anda sehat. Sekaligus cara yang tepat untuk menyimpan makanan tersebut agar manfaatnya tidak berkurang saat di konsumsi.

1. Almond
Kacang Almond mengandung vitamin B2 (riboflavin), vitamin E, magnesium dan zinc yang secara keseluruhan akan membuat jantung Anda berada dalam ‘mood’ yang baik. Mengonsumsi almond 1/4 cangkir dalam sehari jauh lebih sehat daripada sekantung keripik. Almond yang lezat ini bisa Anda campur pada sarapan oatmeal Anda.
Tips Menyimpan:
Beli almond panggang tanpa garam dan simpan di dalam wadah kedap udara.

2. Asparagus
Sayur hijau ini ampuh untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Kandungan folate, vitamin C dan vitamin D akan menghindari jantung Anda dari radang. Selain itu, asparagus juga rendah kalori. Anda bisa mengolah asparagus dengan cara merebusnya lalu diberi siraman minyak zaitun, perasan lemon dan sedikit taburan keju parmesan.
Tips Menyimpan:
Beli asparagus segar yang baru dipanen. Si hijau ini bisa bertahan jika disimpan pada lemari biasa, tetapi agar lebih segar, bisa Anda simpan di dalam lemari pendingin.

3. Kacang Merah
Kacang-kacangan mengandung protein nabati, vitamin B, zat besi, dan kalsium. Menyajikannya 15 gram dalam sup akan sangat membantu melawan kolesterol jahat yang berbahaya bagi kesehatan jantung Anda. Buat saja sup kacang merah yang dicampur tomat, wortel, seledri dan sedikit merica.
Tips Menyimpan:
Beli kacang merah kering lalu masukkan ke dalam wadah yang kedap udara dan hindari terkena matahari langsung.

4. Blueberry
Hampir semua buah segar baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Tetapi blueberry adalah pilihan terbaik. Buah ini kaya antioksidan dan vitamin C, keduanya mampu atasi stres serta rendah kalori sehingga ini baik untuk jantung Anda. Tidak perlu diolah macam-macam, Anda langsung bisa mengonsumsinya.
Tips Menyimpan:
Beli blueberry segar lalu simpan di dalam lemari es.

5. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin B dan foliacid, di mana keduanya membantu mengurangi stres dan kepanikan. Brokoli paling baik jika dikukus atau direbus dalam waktu yang singkat.
Tips Menyimpan:
Beli brokoli segar di pasar tradisional. Jika ingin menyimpannya dalam waktu lama, rebus brokoli dengan air yang sudah diberi sedikit garam selama 3 hingga 4 menit. Tiriskan lalu masukkan ke dalam wadah di dalam freezer. Brokoli ini akan tahan hingga 2 bulan.

6. Coklat
Bukan sembarang coklat, tetapi dark chocolate (dengan kadar cocoa setidaknya 75%) akan baik untuk meredakan stres dan baik untuk jantung Anda. Untuk yang satu ini, tidak perlu diolah macam-macam, langsung digigit juga sudah lezat.
Tips Menyimpan:
Selama masa kadaluarsanya masih panjang, Anda bisa membeli dark chocolate pada rak diskon dan menyimpannya di rumah dalam lemari yang kering dan jauhkan dari sumber panas.

7. Sayur Berdaun Hijau
Bayam, kangkung, daun lobak dan sayuran dengan daun warna hijau adalah makanan yang mengagumkan karena mengandung banyak zat besi, vitamin C, keduanya bagus untuk kesehatan tulang, gigi dan rambut, selain itu kandungan vitamin A dan magnesium akan menjaga mood Anda
Tips Menyimpan:
Beli semua sayur dalam keadaan segar. Anda bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin dan akan tahan selama seminggu. Jika Anda masukkan ke dalam freezer akan tahan selama tiga bulan.

8. Daging Tanpa Lemak
Agak mengejutkan bukan? Daging biasanya bukan pilihan untuk menjaga kesehatan jantung. Nyatanya Anda tetap bisa menikmati daging merah (sapi, kambing, domba) tanpa lemak. 4 hingga 6 ons daging tanpa lemak tetap sehat untuk jantung Anda karena kaya akan zat besi, zinc, vitamin B yang keseluruhan akan membuat Anda lebih tenang. Daging tanpa lemak ini paling baik Anda sajikan dalam bentuk steak.
Tips Menyimpan:
Sebaiknya Anda langsung membeli daging tanpa lemak di rumah pemotongan hewan. Setelah itu cuci bersih dan masukkan ke dalam freezer.

9. Salmon dan Ikan lainnya
Mayoritas ikan laut mengandung vitamin B6 dan B12 yang bisa membantu tubuh menghasilkan serotonin, zat yang akan membuat Anda rileks dan bahagia. Ikan laut juga mengandung omega-3 yang baik untuk menormalkan tekanan darah dan mengurangi risiko sakit jantung.
Tips Menyimpan:
Pilih ikan dengan kesegaran yang masih baik dengan aroma amis yang segar. Bersihkan bagian dalam ikan lalu masukkan ke dalam wadah dan simpan dalam freezer.

10. Ubi Manis
Sayuran berwarna selalu baik untuk kesehatan Anda, termasuk ubi manis. Tanaman umbi-umbian yang mirip dengan kentang ini mengandung antioksidan yang akan membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Sekalipun bentuknya tidak menarik, rasanya lezat dan manis alami. Anda bisa memasak ubi manis dengan mengukusnya atau memotongnya dalam ukuran kecil dan dicampur dengan ayam panggang.
Tips Menyimpan:
Ubi manis segar yang Anda simpan di rumah harus Anda jauhkan dari bawang merah karena akan cepat rusak. Jauhkan juga dari panas agar lebih tahan lama.

11. Walnuts
Walnuts adalah salah satu jenis kacang yang memiliki manfaat luar biasa. Kandungan alpha-linolenic acid yang merupakan bagian dari omega 3 dapat mengurangi risiko jantung koroner. Kacang lezat ini bisa Anda konsumsi sebagai snack. Bisa juga Anda campurkan pada oatmeal sarapan Anda dengan potongan blueberry.
Tips Menyimpan:
Sama seperti kacang-kacangan lain. Beli walnuts kering tanpa garam. Simpan di dalam wadah yang kedap udara dan jauh dari jangkauan matahari.

12. Gandum utuh
Gandum utuh kaya akan serat dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, gandum utuh akan memasok serotonin yang akan membuat Anda merasa bahagia. Mengonsumsi setengah cangkir gandum utuh sehari akan membuat kadar kolesterol jahat dalam darah berkurang. Anda bisa mengonsumsi gandum utuh instant yang hanya butuh disiram air panas untuk mengonsumsinya.
Tips Menyimpan:
Simpan gandum utuh di dalam wadah kering yang jauh dari jangkauan matahari dan pastikan tidak lembab agar tidak mudah berjamur. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates