Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » 14 Makanan Sehat Bagi Penderita Jantung

14 Makanan Sehat Bagi Penderita Jantung

14 Makanan Sehat Bagi Penderita Jantung – Produk buah dan sayuran segar merupakan makanan pokok untuk jantung yang sehat, karena mereka membantu menghapus radikal bebas dalam aliran darah serta dapat melindungi pembuluh darah.

Begitu juga dengan biji-bijian, kacang-kacangan, ikan dan teh sama pentingnya untuk melindungi jantung dengan fitonutrien kompleks. Jantung yang sehat tidak bisa di dapat dengan hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja, kita perlu mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung aneka nutrisi yang berdeba.

Makanan yang tercantum di bawah ini adalah yang terbaik untuk melindungi jantung dan pembuluh darah:

  1. Yoghurt
    Peneliti menunjukkan yoghurt dapat melindungi penyakit gusi. Jika dibiarkan, penyakit gusi bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.
  1. Kismis
    Antioksidan dalam kismis memerangi tumbuhnya jenis bakteri yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi
  1. Biji-bijian
    Biji-bijian mengandung antioksidan, fitoestrogen, dan pitosterol yang protektif terhadap penyakit jantung koroner. Serat larut pada biji-bijian juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL).
  1. Kacang hijau
    Selain untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, kacang hijau juga mengandung flavonoid yang bekerja untuk menghambat adhesi trombosit dalam darah, sehingga dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.
  1. Ikan salmon
    Ikan salmon dan tuna mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah irama jantung yang tidak teratur (aritmia).
  1. Kacang
    Kacang-kacangan banyak mengandung vitamin, mineral, lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan rendah lemak jenuh.
  1. Coklat hitam
    Para peneliti menemukan bahwa coklat kaya akan flavanol yang memiliki efek pengencer darah, bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan.
  1. Tomat
    Merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium, dan serat. Tomat juga mengandung lycopene, yang akan bekerjasama dengan vitamin dan mineral lainnya untuk membantu pencegahan dan pengobatan penyakit jantung.
  1. Apel
    Flavonoid yang terkandung didalam apel seperti kuersetin, epikatekin, epigalokatehin, dan kaempferol memiliki peran kunci untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL), mencegah pertumbuhan plak dalam arteri, dan menghambat peradangan.
  1. Aneka buah beri
    Aneka buah beri seperti stroberi, blueberry, acai berry, bilberry, raspberry, dan aneka buah beri lainnya mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah.
  1. Delima merah
    Senyawa autosianin yang terkandung di dalam delima merah dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri dan menurunkan tekanan darah.
  1. Pisang
    Di dalamnya mengandung kalium yang membantu menjaga fungsi jantung dan keseimbangan natrium serta air dalam tubuh. Kalium membantu ginjal mengeksresikan kelebihan natrium, sehingga berkontribusi untuk tekanan darah yang sehat.
  1. Popcorn
    Mengandung polfenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.
  1. Teh hijau

Para ilmuan menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau setiap hari memiliki kesehatan jantung yang sangat baik. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates