Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » 25 Cara Menjalani Hidup Bahagia Seutuhnya

25 Cara Menjalani Hidup Bahagia Seutuhnya

Banyak orang yang belum mengerti makna hidup walau dia sudah cukup berumur, seolah-olah tidak tahu tujuan dan arah hidupnya sendiri. Panjangnya umur bukanlah jaminan hidup seseorang itu bahagia dan penuh berkah. Berlimpahnya harta kekayaan juga bukan ukuran standar kehidupan seseorang itu tercukupi, takaran dunia akan membuat orang selalu merasa kekurangan. Lalu bagaimana untuk menjalani hidup anda bahagia sepenuhnya?

Kali ini disajikan 25 tips agar hidup Anda bahagia. Bahagia disini maksudnya adalah menjalani hidup dengan total, sehingga ketika di hari terakhir Anda saat ajal menjelang nanti tidak akan ada penyesalan dengan alasan karena ada sesuatu yang belum dikerjakan. Baiklah ini dia tips atau cara agar hidup bahagia.

  1. Hiduplah seolah-olah hari ini  adalah hari terakhir Anda
    Jalani hari-hari seolah-olah itu adalah hari terakhir Anda hidup didunia ini. Lakukan saja apa pun yang ingin Anda lakukan. Hari kemarin adalah sejarah, hari esok masih misteri, tetapi hari ini adalah anugerah, itulah kenapa hari ini disebut momen yang tepat. Setiap pagi awali hari dengan penuh semangat dan optimisme, lakukan sekarang, saat ini juga. Jangan menunggu!
  2. Jadilah petualang
    Jadilah seorang penjelajah, hadapi setiap tantangan, kunjungi tempat-tempat baru dengan orang yang Anda cintai, ambilah jalan yang jarang dilalui, hindari jalan yang biasa dilalui, hidup lebih menarik dengan bertualang.
  3. Buatlah jurnal kehidupan Anda
    Rekam setiap kemenangan dan kesenangan yang telah diraih, luangkan waktu untuk merenungkan apa yang telah Anda lalui sebelumnya, Jadilah inspirasi bagi diri sendiri juga untuk orang di sekitar Anda.
  4. Cintai diri sendiri
    Fokuslah pada kecantikan (kelebihan) diri Anda dari luar dalam, dan melihat persamaan pada diri orang lain. Penerimaan datang dari dalam diri, Jangan fokus pada sesuatu yang tidak kamu suka pada diri sendiri, tetapi fokuslah pada yang Anda sukai dari diri sendiri.
  5. Cintai orang lain
    Cintai orang yang memperlakukan Anda dengan benar, berikan cinta tanpa mengharap balasan, jadilah tanpa pamrih dalam sikap anda terhadap orang lain.
  6. Terima semua orang
    Jadilah pribadi yang baik dan juga sopan, akui kebaikan orang lain, daripada melihat perbedaan keyakinan yang mereka anut. Jangan menghakimi orang lain, perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan.
  7. Temukan tujuan hidup Anda
    Carilah sesuatu alasan yang dapat memberikan bahwa hidup Anda penuh arti dan bermakna untuk teman, keluarga, saudara, orang tua, kakak, adik, tetangga, guru, dan lain-lain. Setelah Anda menemukan arti dari hidup, maka kehidupan akan berjalan lebih baik.  Makna hidup Anda adalah sesuatu yang anda putuskan.
  8. Tanpa pamrih
    Jangan mengharap pamrih ketika Anda memberikan “pelayanan” kepada orang lain, mulailah dari tetangga, punyailah jiwa sosial di komunitas Anda sendiri. Memiliki pribadi tanpa pamrih tidak hanya bagus untuk diri Anda tetapi juga bisa menolong orang lain yang membutuhkan.
  9. Realistis
    Tetapkanlah goal Anda berdasarkan kemampuan dan talenta Anda. Pertimbangkan bahwa setiap upaya pasti menuju suatu pencapaian.
  10. Hiduplah seimbang
    Renungkanlah adanya siang dan malam, bolak-balik, baik-buruk, mengertilah akan hal-hal tersebut.
  11. Positif
    Fokus pada pikiran yang bagus maka sesuatu yang bagus akan terjadi, jangan terlalu keras terhadap diri Anda sendiri, karena terlalu keras terhadap diri sendiri sama sekali tidak menolong. Jadilah positif, mulai dari perkataan, pikiran dan juga tindakan untuk melakukan hal-hal positif. Ingatlah bahwa gelas itu tidak setengah kosong, tapi setengah penuh.
  12. Dengarkan suara hati
    Dengarlah suara hati kecil Anda untuk mendapatkan sebuah nasihat, jujurlah pada diri sendiri, percaya dirilah terhadap setiap keputusan yang anda ambil, gunakan insting Anda, jangan biarkan orang lain mengatakan apa yang harus Anda kerjakan/lakukan.
  13. Bersihkan pikiran
    Melakukan yoga, meditasi, bisa mengisi dan memanjakan jiwa Anda untuk lebih fokus pada ketenangan dan kebahagiaan.
  14. Bebaskan pikiran
    Keinginan, obsesi akan memiliki jiwa anda.  Oleh karena itu bebaskan jiwa Anda dari impuls pemikiran tersebut. Buatlah keputusan yang menyederhanakan pikiran-pikiran Anda se-simple mungkin.
  15. Tertawa
    Tertawa merupakan obat terbaik, karena dapat melepasakan hormon endorphin dan membuat umur panjang.
  16. Jadilah fleksibel
    Terima perubahan sebagai sesuatu yang positif.
  17. Bersyukurlah pada hal-hal kecil
    Berjalanlah di lingkungan tempat tinggal Anda untuk merasakan keajaiban dalam cara yang tidak pernah Anda alami sama sekali.  Berpura-puralah bahwa Anda adalah turis asing yang datang dari luar neggeri, dan baru pertama kali menginjakan kaki ditempat ini.
  18. Maafkan diri sendiri dan orang lain
    Bebaskan energi negatif yang menahan Anda, kegagalan dimasa lalu, sambutlah dengan hati terbuka apa pun yang ditawarkan hidup kepada Anda.
  19. Jujurlah terhadap diri sendiri dan orang lain
    Terutama jujur terhadap diri Anda sendiri, ketidakjujuran dapat memberikan penolakan pada kepercayaan/keyakinan diri, penerimaan diri itu penting sekali, kejujuran antara diri Anda dengan orang lain membuat hidup lebih sederhana dan mudah untuk mengikis pandangan orang lain yang salah/tidak benar terhadap diri anda sendiri.
  20. Terima kematian
    Renungkanlah bahwa kematian membawa penghargaan untuk hidup kita di bumi ini, jangan berperang melawan ketakutan akan kematian, biarkanlah hal itu berjalan alami dengan penuh kedamaian.
  21. Hargai lingkungan
    Luangkan waktu untuk jalan-jalan di lingkungan sekitar Anda, bayangkan bahwa Anda datang dari planet luar, hirup udara sambil melihat awan, atau warna dari langit ketika sunrise dan sunset. Lihatlah tanaman, hewan, daun, bunga, bagaimana mereka bergoyang ketika angin bertiup. Lihatlah berbagai bentuk kehidupan, serangga, binatang, manusia, burung. Visualisasi ini akan membantu membersihkan memori kematian dan monoton yang membunuh kebahagiaan hidup.
  22. Hapus pikiran negatif
    Ambil tindakan untuk menyelesaikan akar penyebab pikiran buruk seperti marah, takut, ragu, benci, dan sebagainya. Lakukan afirmasi dengan kata-kata positif seperti “SAYA BISA”,  “Saya Berani”, “Saya bisa lebih dari itu”, “Saya memaafkan dan saya tidak benci”. Pengaruhnya memang tidak bisa langsung, tetapi pikiran Anda bisa menjadi lebih tenang setelah memikirkan hal-hal baik, pikirkan semua hal-hal yang ditawarkan hidup terhadap Anda, mungkin kondisi Anda saat ini tidak Anda inginkan tetapi masa depan selalu penuh dengan harapan. Hal ini akan membuat Anda tersenyum.
  23. Ekspresikan rasa syukur
    Bersyukurlah mulai dari hal-hal kecil, kenali setiap hal yang Anda syukuri, biarkan keluarga, teman, saudara Anda tahu betapa bersyukurnya Anda karena memiliki mereka. Bagilah cinta terhadap mereka.
  24. Jangan hidup di masa lalu
    Jangan stres karena kesalahan yang telah Anda lakukan pada masa lampau. Jadikan hal itu sebagai pembelajaran, jangan khawatir dengan masa lalu karena semua itu telah pergi, jangan cemas dengan masa depan karena hal itu belum tiba, jalani hidup hari ini sepenuhnya.
  25. Jangan pernah menyerah
    Jangan menerima kekalahan. Bahkan ketika itu hanyalah sebuah opini semata, lihatlah hambatan yang dimiliki oleh orang lain yang lebih sulit untuk memperjuangkan apa yang menurut mereka benar.  Gunakan pikiran Anda untuk menerjemahkan hal-hal kecil sederhana dalam hidup. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates