Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » 3 Hal Agar Tulang Kuat Hingga

3 Hal Agar Tulang Kuat Hingga

3 Hal Agar Tulang Kuat Hingga  – Osteoporosis atau pengeroposan massa tulang dapat membuat seseorang menjadi lebih rentan cidera yang pada beberapa kasus bahkan bisa berujung kecacatan. Oleh karena itu ahli sering menyarankan agar selalu menjaga kesehatan tulang sedini mungkin untuk menghindari osteoporosis.

Bagaimana cara melakukannya? Profesor Peter Ebeling dari Monash University, Australia, mengatakan pada intinya ada tiga hal yang harus selalu diperhatikan yaitu kalsium, vitamin D, dan olahraga ketahanan.

Kalsium yang banyak terdapat pada susu dan produk olahannya dijelaskan oleh Ebeling berperan sebagai bahan dasar tulang. Seperti bata untuk membangun rumah, kalsium adalah nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjadi kekuatan tulang.

Berikutnya agar bahan dasar tersebut dapat digunakan, maka kita perlu juga bantuan nutrisi lainnya terutama vitamin D. Vitamin yang sebagian besar didapatkan dari paparan sinar matahari ini berperan agar kalsium dapat diserap dengan baik oleh tulang.

Seperti yang pernah dikatakan ahli nutrisi Emilia E. Achmadi, MS, RD, bahwa mementingkan asupan kalsium saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan tulang.

“Batu bata kalau hanya ditumpuk-tumpuk saja kan kena angin atau tersenggol bisa jatuh. Sama kayak tulang. Kalau hanya kalsium tanpa kolagen, air dan vitamin, cedera sedikit bisa tetap patah,” tutur Emilia.

Terakhir yaitu olahraga ketahanan yang berorientasi beban dibutuhkan sebagai sumber stimulasi. Menurut Ebeling tulang agar kepadatannya dapat maksimal pada usia berapa pun tetap perlu mendapat dorongan.

“Bahkan bila Anda di usia tua pergi ke gym untuk mulai latihan ketahanan atau beban, hal ini tetap akan sangat bagus untuk tulang Anda dan membuatnya semakin kuat,” kata Ebeling. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates