Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » 5 Rempah Berkhasiat ‘Super’ Bagi Kesehatan

5 Rempah Berkhasiat ‘Super’ Bagi Kesehatan

5 Rempah Berkhasiat ‘Super’ Bagi Kesehatan, Ada banyak jenis makanan yang berkategori ‘super’ bagi kesehatan. Sebut saja blueberry, teh hijau hingga brokoli. Ternyata tak hanya makanan saja yang memiliki daftar makanan super. Rempah-rempah pun memiliki daftar rempah bermanfaat ‘super’ bagi kesehatan. Berikut ini ialah lima besar rempah yang memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan seperti dilansir Daily Mail.

  1. Kayu manis
    Kayu manis ternyata tidak hanya merupakan bahan makanan yang melezatkan berbagai hidangan. Menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan pada Journal of Neuroimmune Pharmacology, kayu manis dapat meningkatkan kemampuan belajar seseorang.
    Dari penelitian tersebut, tim peneliti menemukan bahwa kau manis dapat membalikkan kembali berbagai perubahan biokimia, seluler dan anatomi yang terjadi pada otak dari orang dengan kemampuan belajar yang buruk. Kayu manis memiliki kemampuan luar biasa tersebut dengan cara menstimulasi bagian kecil otak yang bertanggungjawab dalam membangkitkan, mengatur dan menyimpan ingatan bernama hippocampus.
    Selain itu, kayu manis juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gula rendah kalori bagi siapa pun yang ingin memangkas asupan gula. Para ahli menilai penggunaan kayu manis jauh lebih baik dibandingkan pemanis buatan yang dapat menyebabkan perubahan emosi dengan cepat, depresi serta peningkatan nafsu makan.
    Tidak seperti pemanis buatan, kayu manis dapat menambahkan rasa manis alami yang lebih sehat pada makanan atau minuman. Sehingga, kayu manis dapat menjadi opsi tepat bagi orang-orang yang ingin menjaga kadar gula darah mereka.
  2. Kunyit
    Warna yang kuning serta rasa dan aroma yang kuat membuat kunyit menjadi salah satu rempah populer dalam penyajian berbagai hidangan lezat. Selain membuat masakan lebih menggugah selera, kunyit juga memiliki kandungan curcumin yang baik bagi kesehatan.
    Curcumin dikenal sebagai antioksidan pencegah kanker yang kuat dengan sifat anti inflamasi. Di samping itu, curcumin juga diketahui dapat meredakan sakit pada pasien penderita radang sendi, cidera bahkan masalah gigi. Ahli Gizi Lily Soutter bahkan mengungkapkan bahwa kunyit dapat digunakan untuk membantu fungsi hati bekerja lebih efektif. Hal ini disebabkan oleh kandungan kunyit yang dapat merangsang kandung empedu untuk memproduksi empedu yang akan digunakan oleh hati untuk menyaring dan membuang racun dari tubuh.
  3. Jahe
    Selain memperkaya cita rasa masakan, jahe memiliki fungsi sebagai ‘penenang’ fungsi pencernaan. Ahli gizi ternama Marilyn Glenville mengatakan kandungan pada jahe dapat menormalkan fungsi usus dan perut. Oleh karena itu, Glenville mengatakan kunyit sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang kerap merasa mual di awal masa kehamilan.
    Di samping berkhasiat bagi kesehatan pencernaan, jahe juga diketahui dapat membuat kulit dan rambut menjadi lebih bersinar. Hal ini dikarenakan kandungan pada jahe dapat menstimulasi peredaran darah dengan lebih baik sehingga lebih banyak nutrisi penting yang didapatkan oleh kulit dan rambut. Yang tak kalah menarik, jahe juga dapat menjadi penangkal mual yang ampuh. Oleh karena itu, penambahan jahe di dalam makanan akan memberikan banyak manfaat tambahan selain ‘menenangkan’ saluran pencernaan.
  4. Saffron
    Ada alasan mengapa harga satu gram saffron bisa sangat mahal. Saffron telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional Persia sebagai rempah untuk memperbaiki suasana hati dengan cara menambahkan saffron ke dalam teh atau beras.
    Ahli gizi Cassandra Barns mengatakan ekstrak saffron dapat membantu tubuh meningkatkan kadar hormon serotonin. Hormon serotonin yang meningkat dalam otak dapat membantu seseorang merasa lebih baik dan bahagia. Tak berhenti di situ, saffron pun memiliki kelebihan untuk menekan nafsu mengemil seseorang. Hal ini disebabkan oleh kemampuan saffron dalam meningkatkan hormon serotonin setara dengan biskuit.
  5. Cabai Merah
    Penelitian menunjukkan bahwa senyawa capsaicin pada cabai pedas dan cabai merah dapat meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh. Kandungan capsaicin ini juga dinilai peneliti dapat mendorong kemampuan tubuh dalam membakar lemak meningkat.

Oleh karena itu, cabai merah yang pedas bisa dimanfaatkan sebagai kudapan untuk berdiet dan menurunkan berat badan. Karena, lanjut ahli gizi Shona Wilkinson, cabai merah akan membuat suhu tubuh meningkat dan bahkan berkeringat setelah menyantapnya sehingga lebih banyak kalori yang terbakar dibandingkan tersimpan saat makan.
Mengingat cabai merah juga dapat menurunkan nafsu makan, Wilkinson menilai cabai merah merupakan kudapan yang tepat bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates