Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » 5 Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin D

5 Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin D

5 Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin D – Hanya ada sedikit jenis makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia terhadap vitamin D. Oleh karena itu sebagian besar dari kita mengandalkan bantuan sinar matahari untuk memprosesnya sendiri di dalam tubuh.

Namun ketika paparan sinar matahari rendah dan asupan dari makanan kurang, dalam jangka waktu lama tubuh bisa alami kekurangan vitamin D. Bila dibiarkan dampaknya tentu akan cukup signifikan karena vitamin punya peran membantu penyerapan kalsium.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tanda-tanda seseorang yang kekurangan vitamin D:

  1. Nyeri kronis
    Nyeri kronis di otot atau tulang bisa jadi tanda halus yang muncul pada seseorang kekurangan vitamin D. Studi yang dilakukan oleh peneliti di Allina Center for Health Care Innovations membuktikan dari 150 orang yang punya keluhan nyeri, sekitar 93 persennya terdeteksi memiliki tingkat vitamin D yang rendah. “Kelompok yang vitamin D-nya paling rendah adalah wanita kulit putih di usia subur,” kata pemimpin studi Greg Plotnikoff.
  1. Lemah otot
    Selain rasa nyeri kekurangan vitamin D bisa juga menimbulkan masalah kelemahan pada otot. Hal ini karena zat besi bukan satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan untuk mempertahankannya dalam kondisi prima. Tanpa ada vitamin D yang memadai, otot tak bisa menjaga kekuatan yang ada di setiap bagiannya berapapun usia seseorang tersebut. Menurut para peneliti di Harvard, studi menunjukkan suplemen vitamin D dapat menjaga 20 persen kekuatan otot lebih baik di antara partisipan berusia 60-an. Studi yang dipublikasi pada Western Journal of Medicine menyebut kelamahan otot karena kurang vitamin D ini bisa diatasi setelah 6 bulan mengonsumsi suplemen.
  1. Keringat berlebih
    Ahli fisiologi dan biofisik Michael Holick dari Boston University Medical Center mengatakan pada bayi gejala kekurangan vitamin D yang bisa jelas terlihat adalah kepala yang terlalu banyak berkeringat. Hal yang sama berlaku juga untuk orang dewasa dengan catatan tidak habis melakukan aktivitas fisik dan suhu ruangan normal.
  1. Rentan kena infeksi
    Sistem imun terkuat dalam tubuh bernama T cell bisa dipicu aktif berkat bantuan vitamin D. Oleh karena itu apabila seseorang kekurangan vitamin D cukup parah dirinya bisa jadi rentan terserang infeksi karena imunnya tak bekerja sempurna.
  1. Hipertensi
    Perempuan muda, berkulit putih dan kekurangan vitamin D diketahui memiliki risiko hipertensi 3 kali lebih tinggi dibanding mereka yang punya level vitamin D normal. Demikian menurut para peneliti dari University of Michigan School of Public Health.

Para peneliti dari Michigan menguji 559 perempuan muda sejak tahun 1992, dan menemukan wanita dengan kadar vitamin D rendah cenderung memiliki penyakit hipertensi dalam 15 tahun kemudian, yaitu pada tahun 2007. Karena kekurangan vitamin D mengakibatkan hipertensi, maka hal itu juga memicu penyakit stroke, jantung, dan penyakit kardiovaskular lainnya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates