Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » 5 Tips Bikin Rumah Jadi Lebih Nyaman di Sisa Usia

5 Tips Bikin Rumah Jadi Lebih Nyaman di Sisa Usia

Seiring berjalannya waktu, pertambahan umur akan terus terjadi dan perubahan kemampuan diri juga akan berkurang. Umur yang terus bertambah juga dapat mengakibatkan kemampuan penglihatan berkurang, fokus menurun, dan berbagai gejala lainnya. Terkadang, mereka juga akan ditinggal oleh anak-anak yang telah menikah dan menghabiskan masa tuanya berdua dengan pasangan atau bahkan seorang diri.

Memiliki rumah yang nyaman untuk tempat tinggal para lansia tentunya dibutuhkan agar mereka dapat hidup dengan tenang dan mudah. Terkadang beberapa dekorasi seperti tangga, kamar mandi, dan beberapa ornamen lainnya dapat membuat para manula merasa sulit untuk beraktivitas. Tentunya Anda tidak ingin menghabiskan waktu di dalam rumah yang malah akan menyulitkan Anda bukan?

Jika Anda memiliki keluarga, teman, atau kerabat yang sudah tua, atau bahkan ingin mendesain untuk rumah di masa tua Anda, berikut desain mudah untuk rumah lansia yang dapat membuatnya merasa lebih nyaman tinggal di dalamnya.

  1. Tidak membuat bagian depan bertingkat
    Jangan menggunakan tangga pada bagian depan, belakang, atau samping rumah yang dapat membuat akses menuju rumah menjadi sulit. Terkadang para lansia akan menggunakan tongkat atau kursi roda untuk membantunya berjalan. Jadi jangan membuat mereka kesulitan dalam melangkah untuk masuk ke dalam rumah.
  2. Gunakan pintu yang lebar
    Gunakanlah pintu yang lebar setidaknya berukuran 36 inci atau sekitar satu meter. Ini akan mempermudah para lansia memasuki rumah jika menggunakan kursi roda. Usahakan juga untuk membuat lorong-lorong di rumah lebih lebar sekitar 48 inci atau sekitar 1,1 meter. Ini juga akan lebih nyaman untuk pergerakan di dalam rumah.
  3. Hanya terdiri dari satu lantai
    Para lansia akan merasa kesulitan jika memiliki kamar di lantai dua. Untuk itu, jangan membuat rumah bertingkat terlebih lagi meletakkan kamar mereka di lantai atas. Ini dapat membuat mereka merasa sulit karena harus naik dan turun tangga.
  4. Menempatkan saklar di tempat terjangkau
    Usahakan untuk meletakkan saklar di tempat terjangkau agar para lansia mudah untuk mengatur penerangan pada ruangan. Jangan letakkan alat ini lebih dari 1, 3 meter di atas lantai agar dapat terjangkau dari kursi roda.
  5. Gunakan gagang pintu yang simple
    Jangan menggunakan model gagang pintu yang rumit. Gunakanlah yang simple dan mudah digunakan sepeti gagang bulat yang diputar. Selain itu gunakan juga tuas keran yang mudah untuk diraih dan digunakan oleh para lansia. Cukup mudah bukan membuat para lansia hidup nyaman di rumahnya? Menghabiskan masa tua dengan menyenangkan bisa dilakukan dengan desain rumah sederhana ini. Selamat mencoba! (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates