Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » 6 Kehendak di Hari Tua

6 Kehendak di Hari Tua

Sebagian orang begitu bangga menghadapi masa tuanya. Mereka beranggapan usia yang masih melekat adalah anugerah, sekaligus bonus dari Sang Pencipta, yang harus diisi dengan berbagai hal positif. Namun, sebagian lagi merasa khawatir, gelisah, bahkan takut.

Dibalik hari tua yang penuh warna, ada 6 kehendak yang baiknya dijalankan agar masa tua menjadi sebuah bagian hidup terindah Anda.

  1. HENDAKLAH BERSAHAJA
    Ini diartikan sebagai orang tua yang menyadari dan menerima fakta bahwa mereka sudah lanjut usia. Mereka tidak berusaha menyangkal fakta itu. Tapi, sikap bersahaja itu bukan berarti pasrah, seperti berpikir ”yah, saya sudah tua, sudah tidak berguna lagi”. Sikap itu bisa memangkas semangat hidup kita. Sebaliknya, orang yang bersahaja bertindak bijaksana dan berusaha melakukan yang terbaik dalam setiap situasi.
  2. HENDAKLAH SEIMBANG
    Keseimbangan menjadi bagian penting dalam kehidupan di masa tua. Mulai dari makanan, olahraga, aktifitas, istirahat, dan sebagainya, semua harus serba seimbang. Termasuk juga di dalamnya tetap menjaga penampilan. Kebugaran tubuh harus tetap dijaga. Tidak hidup sembarangan, melainkan semuanya serba terkontrol dengan baik. Itu menjadi keunggulan orang tua dibandingkan mereka yang masih muda.
  3.  HENDAKLAH POSITIF
    Saat kita semakin tua, kita mungkin merasa sedih jika mengingat masa muda dan hal-hal yang bisa kita lakukan dulu. Ini memang wajar. Tapi, jangan sampai keadaan itu membuat Anda patah semangat. Kalau terus-terusan memikirkan masa lalu, kehidupan kita bisa tampak suram dan jadi tidak bersemangat melakukan apa pun. Membaca dan belajar juga bisa membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih bersikap terbuka. Maka, sebisa mungkin, carilah kesempatan untuk belajar hal baru.
  4.  HENDAKLAH MURAH HATI
    Menjadi seorang yang murah hati akan membantu Anda menjadi pribadi yang mudah berbagi. Cobalah bagikan apa yang Anda kerjakan. Misal, Anda membuat kue, tak ada salahnya dibagikan ke tetangga atau teman. Yakinlah, kebiasaan positif ini akan mendorong Anda mensyukuri apa yang Anda miliki. Orang yang murah hati membuat suasana jadi akrab dan orang lain pun jadi senang.
  5.  HENDAKLAH RAMAH
    Kadang, ada saatnya kita ingin sendirian. Tapi jangan sampai kita mengasingkan diri. Tembok-tembok rumah Anda tak akan mampu membantu Anda menjadi pribadi yang bahagia. Jangan mau terkungkung dalam tembok persegi semata, tapi cobalah melihat dunia luar. Bergaullah dan menjadi pribadi yang terbuka. Di satu sisi Anda bisa belajar dari kehidupan orang lain. Di sisi lain, Anda bisa menjadi buku yang terbuka untuk dicontoh oleh orang lain. Orang yang ramah senang berkomunikasi. Komunikasi berarti kita tidak hanya berbicara, tapi juga mau mendengarkan. Tunjukkan perhatian kepada orang lain.
  6. HENDAKLAH BERSYUKUR
    Tunjukkanlah penghargaanmu terhadap orang lain, yang jauh lebih muda sekalipun, bilamana Anda dibantu. Bersyukur jugalah untuk kehidupan yang masih Anda jalani hingga sekarang dengan segala keadaan yang ada. Percayalah, sikap yang benar dan kemauan untuk menyesuaikan diri bisa membuat kita tetap bahagia di hari tua. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates