Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » 6 Sayuran Bernutrisi Tinggi Layak Dikonsumsi Tiap Hari

6 Sayuran Bernutrisi Tinggi Layak Dikonsumsi Tiap Hari

Sayuran memiliki vitamin dan mineral serta serat yang berkhasiat menjaga kesehatan. Karenanya wajib dikonsumsi tiap hari. Selain harganya murah, jenisnya juga beragam. Bakan beberapa sayuran bernutrisi sangat hebat.

Ditumis, dibuat salad, sup atau dipadukan dengan bahan lain, sayuran tetap enak. Jangan lupa konsumsi salah satu dari 6 sayuran bernutrisi tinggi ini.
1. Brokoli
Brokoli mengandung antioksidan untuk melawan kanker serta beta karoten, vitamin C, dan folat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko katarak juga penyakit jantung. Brokoli juga merupakan sumber serat sempurna, mulai dari serat larut dan tidak larut.

2. Wortel
Wortel berwarna oranye ini mengandung beta karoten yang baik untuk mata (vitamin A). Namun, ada juga wortel pelangi yang lebih tinggi kandungan gizinya. Wortel merah memiliki ekstrak likopen dan wortel ungu lebih tinggi antioksidannya. Untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak, tumislah wortel dengan minyak zaitun

3. Bayam
Bayam mengandung serat dan zat besi yang tinggi (dua kali lipat dari sayuran hijau lain). Bayam juga mengandung beta karoten untuk mencegah kanker dan lutein untuk menjaga kesehatan mata. Jangan terlalu lama memasak bayam. Gizi pada bayam akan hilang jika dimasak terlalu matang.

4. Paprika merah
Paprika ada yang berwarna merah, hijau, dan kuning. Semua jenis paprika memiliki kandungan nutrisi. Namun, paprika merah ternyata lebih lengkap kandungan nutrisinya karena penuh dengan serat, folat, vitamin K, mangan, dan mineral molibdenum. Paprika merah juga mengandung beta karoten untuk antikanker.

5. Terong
Terong dikenal sebagai sumber antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga berat badan. Terong juga mengandung banyak serat dan vitamin B. Makanlah terong beserta kulitnya karena kulit terong pun juga mengandung antioksidan dan serat yang baik. Terong Belanda ternyata mengandung beta karoten untuk mencegah kanker.

6. Tomat
Tomat mengandung lycopene dan vitamin yang melimpah. Lycopene adalah antioksidan yang efisien untuk mencegah radikal bebas. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A dan C yang penting untuk kesehatan mata dan kulit. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates