Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » 7 Perilaku Ortu Justru Picu Kenakalan Anak

7 Perilaku Ortu Justru Picu Kenakalan Anak

7 Perilaku Ortu Justru Picu Kenakalan Anak

Foto: dok. dakwatuna.com

7 Perilaku Ortu Justru Picu Kenakalan Anak – Perilaku dan karakter anak memang tidak terlepas dari sumbangsih pendidikan orangtua dan lingkungannya. Hal ini termasuk cara orangtua mencoba mengontrol perilaku anaknya dalam sejumlah situasi.

Setiap orangtua memiliki cara masing-masing dalam membimbing anak-anaknya yang kadang berperilaku kurang baik. Dari sejumlah cara tersebut, ternyata ada perlakuan orangtua yang tak baik untuk diterapkan. Cara mereka justru memperparah perilaku anak. Adapun perilaku yang sebaiknya dihindari adalah sebagai berikut:

  1. Membuat anak bahagia di setiap waktu
    Siapa yang tak ingin membuat anak kesayangannya bahagia? Tentu hampir semua orangtua menginginkannya. Namun perlu diingat juga agar tidak menyenangkan mereka di setiap hal dan waktu. Salah satu contohnya seperti orangtua yang selalu memberikan anak permen di saat mereka kalah bermain dengan temannya. Orangtua sudah seharusnya memberikan pengalaman suka duka pada anak sebagai persiapannya di masa depan. Setidaknya mereka dapat tahu bagaimana rasanya terluka dan bahagia. Hal seperti ini tentu akan menguatkan karakternya yang jelas akan berguna di saat tumbuh dewasa.
  2. Terlalu toleransi ketika anak mengeluh
    Saat anak menggerutu atau mengeluh tentang gurunya, orangtua tidak seharusnya langsung menjadi tameng anak sebelum mendengar cerita sesungguhnya. Terlebih lagi ketika diketahui bahwa anak Anda yang sebenarnya memiliki masalah. Terlalu menoleransi hal buruk pada anak tentu tidak baik atas pembentukan karakternya di masa depan. Mereka dikhawatirkan akan selalu merasa benar di setiap tindakannya.
  3. Menunjukkan tempramen buruk saat anak mengamuk
    Anak yang mengamuk bukan berarti harus direspons dengan tempramen keras juga dari orang tuanya. Perilaku ini justru akan memperburuk perilaku anak di masa depannya. Untuk itu, upayakan untuk tenang saat menghadapi dan menegur anak.
  4. Menghadiahi segalanya
    Anak-anak memiliki kegiatan rutinitasnya, seperti menonton televisi, bermain gim dan sebagainya. Mereka juga terkadang suka melewatkan kegiatan pentingnya, seperti sarapan pagi yang membuat orang tua berupaya agar mereka mau mengisi perutnya. Berbagai upaya dilakukan orang tua termasuk memberikan hadiah yang ternyata mendapatkan respons baik dari anak. Namun sayangnya, respons ini tidak akan terjadi jika orang tua tidak memberikan hadiah sebagaimana biasanya. Saat menghadapi ini, Anda sebagai orangtua harus memastikan pada anak bahwa Anda hanya memberikan hadiah di satu waktu saja. Orangtua perlu mengingatkan bahwa Anda tidak akan memberikan hadiah lagi sekalipun mereka melakukan kegiatan yang diinginkan Anda.
  5. Terlalu banyak menawarkan bantuan
    Menawarkan bantuan pada anak memang perlu dilakukan. Terlebih lagi ketika anak membutuhkan motivasi belajar dari orangtua. Akan tetapi harus diingat bahwa bantuan tersebut jangan selalu dilakukan di setiap hal dan setiap waktu. Hal ini justru akan membentuk karakter anak sebagai orang yang sangat bergantung pada orangtuanya.
  6. Membiarkan anak menang
    Orangtua tidak bisa selalu berada di sekitar anak seluruh waktu. Jika Anda selalu membiarkan anak menang saat berada di sekitar Anda, anak akan berpikir dunia ini diciptakan untuk dirinya. Padahal anak akan merasakan hal berbeda saat berhadapan dengan dunia luar bersama teman-temannya. Untuk itu, ajarkan saat mereka berada pada kondisi kalah sesungguhnya itu membentuk  karakter mereka yang tangguh dan kerja keras di masa depan.
  7. Terlalu terlibat pada konflik anak
    Menjadi perisai anak saat mereka konflik akan berdampak buruk apabila dilakukan secara berlebihan. Saat seperti ini, orangtua sebenarnya hanya perlu membimbing anak dalam mencari jalan keluar dari masalahnya. Mereka akan belajar berbagi, bermain secara adil dan memperlakukan orang lain dengan baik. Hubungan pertemanannyapun akan berjalan dengan mulus ke depannya. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates