Senin , 20 November 2017
Home » Artikel » 8 Kiat Memelihara Kebugaran Lansia

8 Kiat Memelihara Kebugaran Lansia

Ketika seseorang memasuki usia senja, ketahanan tubuh mulai menurun dan organ-organ mulai tidak bisa bekerja maksimal. Beberapa tips berikut merupakan solusi untuk lansia agar tetap sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa.

1. Tingkatkan kemampuan otak
Kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat akan berkurang seiring berjalannya waktu. Jika ingin memiliki otak yang prima, coba belajarlah sesuatu yang baru untuk Anda, mengerjakan teka-teki silang, atau membaca koran dan majalah.

2. Olahraga
Olahraga sangat baik untuk menghindari nyeri sendi akibat rematik. Olahraga yang disarankan untuk orang lansia antara lain berjalan kaki, yoga, berenang, dan olahraga ringan yang dilakukan rutin.

3. Karbohidrat kompleks
Usia senja membutuhkan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandung, gula diet, pasta, dan kacang-kacangan.

4. Konsumsi lemak sehat
Lemak sehat berguna untuk membentuk dinding sel yang sehat. Lemak sehat terkandung pada alpukat, minyak zaitun, dan minyak kedelai. Minyak yang harus dihindari adalah minyak goreng.

5. Minum cukup air putih
Minum cukup air putih setiap hari dapat menurunkan risiko terkena penyakit. Tetapi akan lebih optimal untuk orang lansia adalah air tanpa mineral. Mineral anorganik pada air akan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk membuang mineral yang tidak dibutuhkan tubuh.

6. Konsumsi kedelai
Kedelai adalah penguat estrogen alami. Bagi lansia, menambahkan banyak kedelai untuk setiap makanannya dapat membuat lebih sehat.

7. Periksakan darah
Lewat pemeriksaan darah, orang dengan usia senja akan terhindar dari permasalahan thyroid dan masa premenopause.

8. Check up rutin
General check up dilakukan secara rutin terutama, baiknya dilakukan saat Anda memasuki usia 40 tahun. Periksa darah untuk mengetahui kadar Hemoglobin (Hb), leukosit, trombosit, kolesterol, lemak dan gliserol, serta gula darah. Hal ini dilakukan karena timbulnya penyakit tidak muncul secara tiba-tiba.

Selain tips di atas, menjaga agar makanan selalu sehat dan bernutrisi juga sangat diperlukan. Jangan malas untuk periksa ke dokter jika terjadi hal-hal yang tidak biasa di tubuh Anda. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates