Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Ajarkan Anak Selektif Memilih Teman

Ajarkan Anak Selektif Memilih Teman

Ajarkan Anak Selektif Memilih Teman

Ajarkan Anak Selektif Memilih Teman (Foto: dok. information-perroquet.com)

Ajarkan Anak Selektif Memilih Teman – Setiap orangtua tentu ingin buah hatinya tumbuh dalam lingkungan yang baik. Lingkungan yang dikelilingi orang dewasa dan teman-teman yang positif. Sayangnya, terkadang beberapa teman si kecil justru membawa pengaruh buruk. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menahan diri untuk mengkritik teman anak.

Karena kritikan seperti “Ibu tidak mau kamu berteman dengan si A” hanya akan mengancam kemandirian anak dan membuatnya merasa terasing. Akibatnya, anak malah akan semakin mendekat dengan teman tersebut.

Selain itu beberapa hal berikut juga bisa dilakukan orangtua untuk membantu si kecil memilih teman yang baik:

  • Hindari sifat overprotektif. Biarkan anak merasakan dampak dari perbuatannya sendiri. Anak tidak akan belajar cara menyelesaikan masalahnya jika orangtua terlalu overprotective.
  • Ajarkan anak sifat menghargai dirinya sendiri (self-respect). Anak yang memiliki self-respect, tidak akan merasa dikucilkan jika pendapatnya berbeda dengan teman sebayanya. Dengan cara ini, anak akan dihargai pula oleh teman sepergaulannya.
  • Berikan pujian secara tidak langsung tentang teman anak yang memiliki sifat positif. Dibanding merespon, “Ibu senang kamu memilih teman seperti A”, Anda bisa merespon dengan, “si A sepertinya anak yang bertanggung jawab.”
  • Ceritakan pengalaman pertemanan Anda, terutama ketika Anda mengalami kesulitan atau membuat kesalahan. Jangan tunggu hingga anak memiliki pengalaman yang sama. Komunikasi yang lancar sebaiknya dimulai sejak dini.
  • Kenali teman anak dan ajak mereka berkenalan. Anda bisa mengundang mereka dalam acara keluarga untuk memperkuat jalinan pertemanan anak. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates