Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Aktif Bergerak Bisa Cegah Osteoporosis

Aktif Bergerak Bisa Cegah Osteoporosis

Aktif Bergerak Bisa Cegah Osteoporosis – Melakukan banyak kegiatan bergerak dapat menyehatkan badan. Selain itu, aktif bergerak bisa memengaruhi penyerapan masa tulang sehingga dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis.
Menurut dr Peni Kusumastuti, SpKFR dari RS Premier Bintaro, aktif melakukan banyak gerakan seperti berolahraga dapat membantu mempertahankan kepadatan massa tulang. “Karena otot itu nempel di tulang dan pada saat kita bergerak aktif atau berolahraga massa tulang itu akan tetap padat. Bergerak aktif dapat membantu penyerapan di tulang,” tutur dr Peni di RS Premier Bintaro, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan ada cara lain yang bisa memengaruhi kepadatan massa tulang selain bergerak aktif. Caranya adalah dengan mengonsumsi kalsium dan mendapat paparan sinar matahari pagi.

“Mengonsumsi kalsium secukupnya aja karena kalsium pada tubuh juga butuh sinar matahari. Sinar matahari bisa membantu mengaktifkan vitamin D yang membantu penyerapan tulang,” sambungnya.

Hati-hati ketika tubuh dirasa semakin terlihat bungkuk dan pendek. Apalagi ditambah adanya rasa sakit dari tulang leher hingga tulang belakang. Segeralah melakukan pemeriksaan karena hal tersebut merupakan tanda osteoporosis.

“Nah, untuk pemeriksaan bisa dengan Bone Mineral Densitometri (BMD). Pemeriksaan ini bisa mendiagnosis dengan tepat,” imbuh dr Peni. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates