Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Aktif Main Komputer Minimalkan Pikun

Aktif Main Komputer Minimalkan Pikun

Jika pada remaja, kebanyakan menggunakan komputer tidak dibenarkan karena mengurangi aktivitas outdoor mereka. Tetapi bagi lansia, penggunaan komputer dapat meningkatkan kesehatan otaknya.
Sebuah penelitian yang dilakukan Mayo Clinic mengungkapkan bahwa dengan rajin menggunakan komputer, maka kepikunan akan jauh dari diri Senior. Penelitian dilakukan terhadap 2.000 orang berusia di atas 70 tahun.

Dari 1.077 orang yang sering menggunakan komputer, 193 orang di antaranya mengalami gangguan kognitif ringan, yang selama ini dikenal sebagai penanda risiko demensia atau kepikunan. Tetapi bila dibandingkan dengan 852 orang yang tidak pernah memakai komputer, jumlah partisipan yang mengalami gangguan kognitif jauh lebih besar, yaitu 263 orang.

Itu artinya, mereka yang memakai komputer berpeluang lebih kecil mengalami gangguan kognitif ringan. Bahkan penurunan risikonya mencapai 42 persen.
Mengapa kegiatan ini dianggap paling efektif? Sebab bila dibandingkan dengan aktivitas lain seperti membaca majalah, dampaknya hanya 30 persen. Begitu juga dengan menghadiri acara-acara sosial yang berdampak terhadap penurunan risiko demensia sebesar 23 persen dan merajut yang hanya sebesar 16 persen.

Meski begitu, perlu juga diingat, keasyikan di depan komputer sambil duduk juga tidak baik bagi Senior. Penelitian yang dilakukan di tahun 2014 terhadap 2.000-an partisipan membuktikan, lansia yang terlalu lama duduk-duduk santai seharian berisiko lebih besar untuk mengalami disabilitas.
Untuk tiap satu jam ekstra duduk, maka risiko disabilitasnya bisa mencapai 50 persen. Risiko yang sama juga dirasakan semua umur: 6 persen pada kanak-kanak, 16 persen pada orang dewasa usia kerja, dan 45 persen pada pensiunan. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates