Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Aktivitas Sehat Cegah Stroke (bagian 2)

Aktivitas Sehat Cegah Stroke (bagian 2)

Aktivitas Sehat Cegah Stroke

Aktivitas Sehat Cegah Stroke (Foto: dok. obatstrokeberat.com)

Aktivitas Sehat Cegah Stroke (bagian 2) – Stroke bisa terjadi akibat gaya hidup yang buruk. Dalam penanganannya, ada dua kelompok, yakni penanganan dengan obat pada beberapa penyakit tertentu yang menjadi faktor risiko stroke. Kedua, mencakup gaya hidup yang dijalani oleh masyarakat di dunia. Gaya hidup mencakup tiga aktivitas yang sudah seharusnya dilakukan secara rutin untuk mencegah terjadinya stroke.

“Penyakit yang berisiko menyebabkan stroke tapi bisa diobati, seperti hipertensi, diabetes atau kencing manis, dan fibrilasi atrium, bisa dicegah dengan resep obat,” ujar dr. H. Salim Haris SpS(K) dalam diskusinya mengenai Kenali Fibrilasi Atrium (FA) untuk Mengurangi Risiko Stroke di RS Jantung Nasional Harapan Kita, Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Aktivitas pertama, hindari kebiasaan makan fast food sejak dini. Sesekali boleh tapi tidak setiap hari,” katanya. Kedua, pilih bahan makanan berserat tinggi. Pemilihan bahan makanan tersebut sudah terbukti baik untuk tubuh.

Terakhir, gaya hidup yang cenderung sedikit bergerak atau imobilisasi harus secepatnya diganti menjadi lebih aktif. Disarankan agar memperbanyak gerak sehingga selain mencegah stroke, juga melawan timbulnya sel kanker.

“Karena latihan (olahraga) tidak hanya membuka aliran darah yang tertutup tapi juga meningkatkan imun sistem tubuh yang dapat menghindari banyak penyakit termasuk kanker,” kata dia. (RN)

[su_highlight]BACA JUGA: Kupas Tuntas Penyebab Stroke[/su_highlight]

  1. Bagian 1
  2. Bagian 2
  3. Bagian 3
  4. Bagian 4
  5. Bagian 5
  6. Bagian 6
  7. Bagian 7
  8. Bagian 8
  9. Bagian 9
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates