Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Anak Bergizi Baik, Cermati 10 Tanda Berikut!

Anak Bergizi Baik, Cermati 10 Tanda Berikut!

Anak Bergizi Baik, Cermati 10 Tanda Berikut! – Asupan gizi sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) dokter spesialis gizi klinik Yustina Ani Indriastuti mengatakan, anak yang sehat menandakan kebutuhan gizinya terpenuhi dengan baik.

Setidaknya ada 10 tanda umum anak bergizi baik:

  1.  Tinggi badan dan berat badan sesuai umur
    Ani menjelaskan, anak yang bergizi baik tentu berat dan tinggi badannya selalu bertambah sesuai umur. “Anak yang gizinya baik, berarti kan makannya cukup. Pertambahan berat dan tinggi badannya sesuai umur,” ujar Ani di sela-sela acara peluncuran program Dokter Kecil Mahir Gizi 2016 versi online di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, beberapa waktu lalu. Untuk balita bisa dipantau melalui kurva pertumbuhan berat dan tinggi badannya. Untuk anak usia sekolah dilihat melalui indeks massa tubuh.
  1. Tubuh kuat dan kencang
    Terbentuknya tubuh kuat dan kencang juga dipengaruhi oleh faktor gizi. Selain itu, untuk membentuk otot kuat dan kencang diperlukan aktivitas fisik.
  2. Postur tegap
    Tanda ketiga yaitu postur tegap. Ani menjelaskan, dengan postur yang tegap berarti anak memiliki pertumbuhan tulang yang baik. Pertumbuhan tulang itu didukung oleh pemenuhan zat gizi makro maupun mikro, protein, vitamin, dan mineral.
  1. Kulit sehat
    Ciri kulit sehat antara lain, kulit lembab atau tidak kering. Ani mengungkapkan, kulit yang sehat antara lain cukup vitamin A, zinc, dan vitamin E.
  1. Rambut berkilau
    Nutrisi juga dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Anak-anak yang bergizi baik salah satu tandanya memiliki rambut yang berkilau dan tidak kusam.
  1. Mata jernih
    Ciri anak bergizi baik juga bisa dilihat melalui matanya. Anak yang cukup vitamin A dan protein akan memiliki mata yang jernih.
  1. Tanggap dan ceria
    Anak yang sehat bergizi juga akan tanggap dan ceria. Hal ini bisa dilihat dari aktivitasnya di rumah dan sekolah. “Ini berkaitan dengan anemia karena kurang zat besi. Anak bisa lemas, lesu. Kalau anak aktif dan ceria berarti gizinya baik,” lanjut Ani. Anak yang kurang aktif, sering mengantuk, juga bisa terjadi karena kurang karbohidrat sehingga tidak berenergi.
  1. Nafsu makan baik
    Anak harus mendapat gizi yang seimbang, tidak boleh berlebihan dan kekurangan. Biasanya anak-anak susah makan sayur. Anak yang memiliki napsu makan baik akan mendapat nutrisi yang cukup.
  2. Buang air besar teratur
    Anak yang buang air besarnya teratur berarti memiliki pencernaan yang baik. Ani mengatakan, untuk sistem pencernaan yang lancar, anak harus cukup serat dan cairan. Buang air besar yang teratur, yaitu satu kali sehari.
  1. Tidur nyenyak
    Anak-anak harus cukup istirahat. Jika konsumsi makanan yang bergizi, anak pun akan tidur dengan lelap di malam hari. Dengan begitu pertumbuhan anak bisa berkembang dengan baik. Tidur nyenyak di malam hari juga meningkatkan konsentrasi anak di sekolah pada pagi harinya. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates