Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Anak Terserang Kanker? Cermati Ciri-cirinya

Anak Terserang Kanker? Cermati Ciri-cirinya

Anak Terserang Kanker? Cermati Ciri-cirinya

Foto: dok. petanitop.blogspot.com

Anak Terserang Kanker? Cermati Ciri-cirinya – Jangan berpikir kanker itu penyankit orang dewasa. Faktanya, anak-anak pun bisa terserang penyakit mematikan ini. Tapi sebenarnya, sebelum kanker ‘menyerang’ si kecil, seringkali menunjukkan gejala-gejala awal.

Meski begitu, tanda-tanda yang muncul kerap dianggap sepele, bahkan diabaikan. Bisa jadi, terlambatnya penanganan, karena kurang pekanya orang tua dalam mengetahui gejala awal.

Untuk itu, orangtua harus lebih peka terhadap penyakit yang diderita anak-anak. Di antaranya adalah mengenai pola perubahan dan perilaku pada anak-anak.

Menurut Dr Amita Mahajan Konsultan Senior, Pediatric Oncology, Apollo Hospitals Delhi, orangtua dapat mengenal gejala umum kanker pada anak, seperti wajah yang pucat dan menurunnya nafsu makan pada anak. “Kehilangan berat badan atau nafsu makan hilang sampai lima belas hari maka sang anak bisa saja menderita kanker,” jelas Dr Amita.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, gejala umum pada bagian fisik di tubuh juga bisa dilihat. Seperti memar, nyeri sendi, sering berdarah di bagian hidung dan perubahan pada warna di mata merupakan gejala umum pada kanker.

“Ini dapat bermanifestasi sebagai demam berkepanjangan, pucat, perdarahan atau memar di tulang, nyeri sendi, bengkak di bagian manapun dari tubuh, warna keputihan pada bola mata, yang tidak berubah itu bisa jadi anak-anak terserang kanker,” jelasnya.

Tidak hanya itu, ia juga menyarankan agar orangtua langsung memeriksakan anaknya ke dokter. Agar bisa langsung ditangani dan disembuhkan. “Langsung bawa ke rumah sakit mempertimbangkan diagnosis kanker untuk mengetahui penyebab pasti,” imbuhnya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates