Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Arti Mobilitas Aids Dan Manfaatnya

Arti Mobilitas Aids Dan Manfaatnya

Arti Mobilitas Aids dan Manfaatnya – Mobility Aids merupakan istilah yang sepertinya belum begitu familiar di Indonesia. Padahal mobility aids ini seringkali kita jumpai seperti kursi roda dan tongkat diantaranya.

Lalu apakah mobility aids tersebut? Dan apakah manfaatnya? Mari kita simak lebih lanjut.

Arti Mobility Aids

Mobility aids adalah suatu alat yang dirancang untuk membantu dan meningkatkan mobilitas bagi orang yang memiliki keterbasatan gerak.

Dengan adanya alat ini maka penyandang disabilitas, lansia, pasien stroke, dan pengguna kursi roda akan sangat terbantu.

Mereka akan dimudahkan karena ruang gerak  semakin terbuka dengan alat bantu tersebut, sehingga tercipitalah ruang lingkup ramah aksesibilitas.

Apakah Manfaat Mobility Aids?

Mobility aids secara singkat memiliki manfaat untuk membantu pengguna yang memiliki keterbatasan mobilitas untuk bisa melakukan aktivitas / mobilisasi dengan lebih mudah.

Ternyata mobility aids itu beraneka ragam dan bermacam-macam, mari kita lihat dan pelajari manfaat dari masing-masing alat bantu jalan tersebut.

1. WALKING AIDS
Walking aids merupakan alat bantu jalan yang terdiri dari:

  • CANE / WALKING STICK / TONGKAT ELBOW
    Cane / walking sticks atau lebih dikenal dengan tongkat, merupakan alat bantu jalan yang paling sederhana, alat ini dijadikan penopang pada tangan untuk melakukan perpindahan secara perlahan.

    Cane / Walking Stick / Tongkat Elbow

    Cane / Walking Stick / Tongkat Elbow

  • CRUTHCES / KRUK
    Crutches atau lebih dikenal dengan kruk merupakan alat bantu jalan yang digunakan untuk mensupportpergerakan yang bertitik tumpu pada lengan bagian atas (ketiak) yang digunakan disebelah kiri dan kanan.

    Cruthces / Kruk

    Cruthces / Kruk

  • WALKER / TONGKAT KAKI 4
    Walker yang dikenal juga dengan tongkat kaki 4, merupakan alat bantu gerak yang paling stabil.
    Alat ini diletakkan didepan pengguna yang berfungsi sebagai penopang untuk berjalan secara bertahap. Walker yang baik akan memiliki kekuatan disaat bersamaan juga enteng sehingga mudah untuk digunakan.

    Walker / Tongkat Kaki 4

    Walker / Tongkat Kaki 4

     

  • ROLLATOR / TONGKAT KAKI 4 BERODA
    Rollator memiliki fungsi yang sama seperti walker, namun yang membedakan adalah rollator memiliki roda. Kinerjanya kurang lebih mirip seperti saat kita mendorong troli belanja.
Rollator / Tongkat Kaki 4 Beroda

Rollator / Tongkat Kaki 4 Beroda

Rollator ini menjadi penopang dan pegangan yang secara paralel bisa menjadi asisten untuk berjalan dengan mudah, ya cukup didorong saja.

Secara garis besar walking aids akan memberikan manfaat seperti:

  1. Meningkatkan stabilitas
  2. Meminimalisir aktivitas anggota badan bagian bawah
  3. Memberi bantuan gerakan
    Tak hanya itu saja, ternayata ada juga pengganti / subtitusi dari alat-alat bantu jalan tersebut, dimana pengguna hanya cukup mengoperasikan alat bantunya dalam posisi duduk, diantaranya:

2. WHEELCHAIR / KURSI RODA
Kursi roda merupakan salah satu alat konversi yang bisa dioperasikan oleh penggunanya dalam posisi duduk di kursi tersebut.

Wheelchair / Kursi Roda

Wheelchair / Kursi Roda

Kursi roda juga beraneka ragam ada yang elektrik, dan juga ada yang manual.
Jenisnya juga bervariatif ada kursi roda untuk olahraga yang memiliki roda dengan kemiringan / chamber yang ekstrim, kursi roda yang sangat enteng, kursi roda lipat, dan beraneka ragam fitur lainnya, yang tentunya disesuaikan dengan kondisi dari pengguna.

3. MOBILITY SCOOTER
Mobility scooter seperti menggabungkan scooter dengan kursi roda elektrik.

Mobility Scooter

Mobility Scooter

Namun yang membedakan scooter ini akan lebih kokoh karena memiliki 3 roda, atau 4 roda, sehingga pengguna tidak perlu berhadapan dengan penyesuaian keseimbangan. Relatif lebih praktis untuk orang yang ingin mobilisasi dengan mandiri. Namun, mobility aids seperti ini jarang ditemui di Indonesia, karena industri mobility aids Indonesia memang masih dalam tahap perkembangan.

4. STAIRLIFTS
Solusi mobility aids Indonesia juga tidak ketinggalan dengan luar negeri.
Seperti contohnya pada stairlift ini.

Stairlifts

Stairlifts

Stairlift atau chair lift di Indonesia sudah cukup dikenal, lantaran ini merupakan solusi agar lansia, orang tua, atau orang yang memiliki keterbatasan gerak bisa meningkatkan mobilisasinya ketika ingin naik dan turun dari tangga rumah.

Source: MotionAid

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates