Senin , 13 Agustus 2018
Home » Artikel » Astaga, Kanker Serviks Bisa Menyerang Anak!

Astaga, Kanker Serviks Bisa Menyerang Anak!

Astaga, Kanker Serviks Bisa Menyerang Anak! – Kanker merupakan penyakit mematikan dan memiliki banyak jenis. Tidak sedikit dari penderita kanker yang akhirnya meninggal. Kendati demikian, ada juga yang sanggup melawan dan selamat.

Salah satu kanker berbahaya adalah kanker serviks. Apalagi kanker ini bisa menyerang anak-anak. Sebab, virus human papillovirus (HPV) bisa menyerang anak-anak dengan mudah.

Dr. Cindy Rani Wirasti, SpOG mengatakan anak bisa terkena kanker serviks dikarenakan kurangnya kebersihan saat berada di toilet umum. Alasannya toilet umum salah satu penyebab penularan virus HPV.

Sehingga virus HPV bisa menempel di beberapa toilet. Utamanya, toilet duduk yang memang mudah menempel pada bagian intim anak-anak.

“Virus HPV yang ditularkan ini bisa menyerang siapa saja. Anak-anak pun bisa terkena . Karena anak itu memang sangat mudah  terkena virus HPV ini karena virus HPV bisa menempel di toilet dan anak-anak jarang membersihkannya sehingga mengidap lebih lama di bagian intinya dan juga itu bisa jadi kanker serviks,” ujar Dr. Cindy Rani Wirasti, SpOG di Jakarta.

Untuk itu, diharapkan para orangtua lebih perhatian dalam menjaga kebersihan anak saat berada di toilet umum. Agar virus HPV tidak menempel pada anak dengan mudah.

“Orangtua pun harus peka kepada kebersihan anak saat toilet umum agar membersihkan tempat toiletnya. Agar virus HPV enggak masuk kedalam bagian organ intim anak,” katanya.

Penyakit ini kerap menyerang wanita dan kanker paling ganas di Indonesia. Untuk itu, Dr. Cindy Rani Wirasti, SpOG bersama Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) kembali melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan gentingnya kondisi penyakit kanker serviks di Indonesia.

Kami memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada para ibu kader PKK bahwa faktanya kanker serviks adalah salah satu kanker yang bisa dicegah. Pencegahan primer melalui vaksinasi HPV juga adalah sebuah investasi kesehatan untuk masa depan yang akan memberikan dampak terhadap kehidupan sebuah keluarga, katanya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates