Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Awas Jalan Sesat Menuju Sehat

Awas Jalan Sesat Menuju Sehat

Kesehatan menjadi sesuatu yang dicari dan dikejar oleh setiap insan untuk mendapatkan hidup yang lebih panjang. Tapi seringkali jalan yang ditempuh justru membuat kesehatan semakin jauh dari dirinya. Berikut jalan yang tidak berkenan, tapi kerap dilakukan oleh banyak orang.

1. Olahraga berlebihan
Banyak orang beranggapan dengan banyak berolahraga, maka tubuh akan lebih sehat. Padahal, tidaklah demikian! Bagi senior, dalam berolahraga harus diperhatikan jenis olahraga serta waktu berolahraga. Idealnya, pilih olahraga yang disesuaikan dengan kondisi fisik tiap-tiap orang. Lakukan olahraga secara rutin. Misal, minimal 3-4 kali dalam seminggu di pagi hari. Yang paling aman, lakukan jalan santai di pagi hari, selama 30-60 menit. Atau kalau sudah letih, ambillah waktu beristirahat. Jangan paksakan diri. Ada baiknya konsultasikan dengan dokter olahraga yang pas dilakukan.

2. Menutup diri
Jangan berpikir dengan menutup diri, maka kondisi kita akan lebih baik. Justru ketertutupan diri akan melahirkan tekanan bagi diri sendiri. Cobalah untuk lebih membuka diri. Mau berbagi ilmu khususnya kepada generasi muda, serta mau menerima masukan dari berbagai pihak. Pemikiran orang lain terkadang bisa menjadi sumber inspirasi yang bisa memperbarui diri kita.

3. Kesendirian
Yakinlah, kesendirian hanya akan membuat senior bersikap pragmatis dan cenderung egois. Merasa diri paling benar dan orang lain harus bisa menerima pendapat serta mengerti dirinya. Kondisi ini sangatlah tidak baik. Jika ingin sehat, seorang senior disarankan untuk

4. Makan tanpa takaran jelas
Ketika usia sudah mencapai 50 tahun, maka kedisiplinan dalam mengonsumsi berbagai makanan dituntut. Makanlah secukupnya bukan sekenyangnya. Kombinasi sayuran, ikan dan buah hendaknya menjadi pilihan bijak. Makanan sejenis daging sebaiknya dikurangi.

5. Merokok
Kebiasaan merokok di usia senior akan membuat kulit semakin mudah kering dan keriput. Demikian juga bila Anda penyuka minuman beralkohol. Hilangkan kebiasaan buruk Anda ini.

6. Banyak tidur
Banyak tidur bukan membuat diri Anda lebih baik, tapi bisa mendatangkan berbagai penyakit. Jangan berpikir dengan banyak tidur tubuh Anda akan semakin fit. Atur waktu tidur sebaik mungkin.

7. Bermalas-malasan
Kebanyakan senior beranggapan inilah saatnya untuk bersantai-santai menikmati hidup. Ada benarnya, tapi tidak sepenuhnya betul. Sebab, bukan berarti Anda bebas bermalas-malasan. Isilah hari-hari Anda dengan berbagai aktivitas yang berguna. Cobalah aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan keagamaan. Itu akan membuat Anda tetap aktif. Tubuh tetap bergerak dan kognitif Anda akan tetap bekerja dengan baik. Gunakan waktu sebaik-baiknya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates