Senin , 20 November 2017
Home » Artikel » Ayo Kenali Tanda Awal Tekanan Darah Rendah

Ayo Kenali Tanda Awal Tekanan Darah Rendah

Ayo Kenali Tanda Awal Tekanan Darah Rendah

Foto: dok. rskurnia.co.id

Tak hanya tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah juga bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan. Tekanan darah rendah atau hipotensi menyebabkan berkurangnya aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak.

Tekanan darah rendah bisa memicu terjadinya stroke dan serangan jantung. Untuk itu, kenali tanda awal terjadinya tekanan darah rendah seperti dikutip dari Boldsky.com.

  1. Pusing
    Pusing merupakan gejala paling umum dari tekanan darah rendah. Pusing bisa terasa saat berubah posisi, seperti berdiri setelah lama duduk atau beranjak dari kasur.
  2. Pingsan
    Jatuh pingsan bisa terjadi karena tekanan darah mengurangi sirkulasi darah di otak. Akibatnya otak kekurangan oksigen dan terjadi hilangnya kesadaran.
  1. Penglihatan kabur
    Aliran darah berkurang ke sejumlah organ vital ketika tekanan darah rendah. Kekurangan oksigen dan nutrisi menyebabkan fungsi organ tidak optimal, termasuk penglihatan kabur.
  1. Detak jantung tak normal
    Jantung juga bagian yang paling terpengaruh ketika tekanan darah rendah. Detak jantung menjadi tidak normal, seperti berdebar kencang atau tidak teratur.
  1. Kulit pucat
    Kurangnya aliran darah juga bisa sampai ke lapisan kulit luar. Akibatnya, kulit pun bisa terlihat pucat atau menguning.
  1. Otot leher kaku
    Otot leher ikut berperan dalam mengontrol tekanan darah, denyut jantung dan pernapasan. Ketika tekanan darah menurun, bisa menyebabkan otot leher yang kaku.
  1. Berkeringat
    Tekanan darah rendah bisa menyebabkan kehilangan cairan tubuh yang keluar melalui keringat. Kurangi aktivitas ketika keringat mulai berlebihan diikuti tekanan darah rendah. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates