Senin , 20 November 2017
Home » Artikel » Berikan Protein Terbaik Agar Anak Tumbuh Maksimal

Berikan Protein Terbaik Agar Anak Tumbuh Maksimal

Berikan Protein Terbaik Agar Anak Tumbuh Maksimal

Foto: dok. lifestyle.bisnis.com

Berikan Protein Terbaik Agar Anak Tumbuh MaksimalProtein merupakan salah satu asupan yang penting karena dibutuhkan tubuh untuk menunjang tumbuh kembang anak. Nah, untuk mendapatkan manfaat ini, adakah jenis protein yang harus diprioritaskan?

Secara teori, beberapa sumber protein yang bisa dikonsumsi untuk anak-anak di antaranya adalah telur, alpukat, daging ayam, kacang, dan ikan.

Seperti dikatakan dr Badriul Hegar, PhD, SpA(K), dokter yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo, asalkan anak tidak ada gejala alergi tertentu terhadap protein, maka semua jenis sumber protein memiliki kebaikan yang sama. Perbedaan sumber protein bisa diberikan hanya pada anak yang memang punya bakat alergi, baik ringan maupun berat.

Bukan sumber, hal lain yang jauh lebih penting jika ingin memberikan protein pada anak adalah memperhatikan kuantitas dan kualitasnya. Jika jumlahnya kurang atau kualitasnya rendah, maka pemenuhan protein bisa terhambat dan tumbuh kembang anak pun terpengaruh.

“Setelah anak berusia satu tahun, pemenuhan protein, lemak dan karbohidrat anak sudah sama seperti orangtuanya, tapi dibedakan jumlahnya saja. Selain itu juga kualitasnya diperhatikan. Tidak perlu pilih-pilih, kasih ayam, telur, susu tidak apa-apa, tapi begitu anaknya ada alergi, baru diberikan jenis protein lain,” imbuhnya.

Jenis protein yang dimaksud oleh dr Hegar misalnya produk protein hidrolisat ekstensif dari susu khusus alergi. Biasanya diberikan pada anak yang memiliki alergi ringan dengan gejala seperti dermatitis atopik atau pilek. Jika anak sudah memiliki alergi berat dengan gejala seperti diare berdarah atau tubuh bengkak-bengkak, maka baru boleh diberikan asam amino dari susu khusus juga.

“Tapi kalau anaknya normal, tidak ada alergi apa-apa, ya boleh diberikan protein apa saja, semuanya baik untuk kesehatan asal kualitas dan kuantitasnya sesuai,” terang dia. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates