Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Budayakan Membaca

Budayakan Membaca

Simak 7 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan

Anda hobi membaca? Membaca selain bisa memberikan dan juga menambah wawasan serta informasi dan juga mampu membuat organ selalu aktif setiap waktu. Sayangnya, sebagian besar dari kita sepertinya enggan untuk memberikan atau meluangkan waktu membaca atau dengan kata lain mereka lebih sibuk dengan rutinitas aktifitas. Jika Anda hobi membaca, berikut adalah manfaat bagi kesehatan para senior :

  • Melatih otak
    Salah satu keuntungan dari membaca adalah sebagai latihan pada otak dan pikiran kita. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut untuk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas. Tapi untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin.
  • Meningkatkan konsentrasi
    Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih untuk berkonsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan. Jadi jangan hanya menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton televisi atau bermain game komputer, tetapi juga luangkan waktu untuk membaca. Kebiasaan baik itu tidak hanya akan menyegarkan pikiran tetapi juga memberi manfaat untuk kesehatan dan kehidupan.
  • Meringankan stres
    Stres adalah faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. Keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stress, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagus untuk mengatasi stress.
  • Mencegah alzheimer
    Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences pada 2001, orang dewasa yang hobi melakukan aktivitas terkait otak, seperti membaca atau bermain teka-teki, cenderung jarang memiliki penyakit Alzheimer. Alzheimer atau kepikunan bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil.
  • Mengatur pola hidup sehat
    Membaca dapat membuat seseorang lebih mudah ngantuk. Terlebih jika buku yang dibaca mempunyai materi yang berat. Selain itu, dengan membaca sebelum tidur akan membuat tidur lebih lelap. Tidur yang lelap dengan waktu yang cukup akan membuat tubuh terasa lebih sehat dan segar.
  • Membuat lebih berempati
    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE, membaca sebuah karya fiksi dapat meningkatkan empati Anda. Para peneliti di Belanda mengungkapkan bahwa orang-orang yang secara emosional terbawa oleh karya fiksi mengalami peningkatan dalam rasa empati dalam dirinya meski tak ia sadari.
  • Meringkankan depresi
    Sebuah studi yang diterbitkan awal tahun ini dalam jurnal PLoS ONE juga menunjukkan bahwa membaca buku yang dikombinasikan dengan sesi dukungan tentang bagaimana menggunakannya, berhubungan dengan penurunan tingkat depresi setelah satu tahun dibandingkan dengan pasien yang hanya menerima perawatan biasa.

Melihat berbagai manfaat dari membaca diatas, rasanya tidak ada alasan lagi untuk tidak membaca buku dan menyerap ilmunya. Karena selain menjadikan kita jadi berwawasan luas juga baik untuk kesehatan. So, mari kita budayakan membaca! (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates