Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Cara Hidup Lebih Sehat di Usia Lanjut

Cara Hidup Lebih Sehat di Usia Lanjut

“Kesehatan tidak berarti segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti.”

Maksud dari pernyataan diatas ialah orang yang sehat belum tentu hidupnya makmur, segala keinginannya terpenuhi. Bisa saja hidupnya sederhana atau biasa saja. Akan tetapi kesehatan itu milik kita yang paling berharga, karena bila sakit kita tidak bisa berbuat apa-apa dan tidak bisa menikmati dengan baik apa yang dimiliki. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga, merawat, memelihara dan menyayangi kesehatan.

Usia lanjut atau lansia adalah suatu kejadian yang pasti akan dialami oleh semua orang yang dikaruniai usia panjang yang terjadinya tidak bisa dihindari oleh siapapun. Pada usia lanjut akan terjadi berbagai kemunduran pada organ tubuh. Normalnya, saat memasuki usia lanjut akan terjadi berbagai kemunduran fungsi pada organ-organ dan menurunnya kekebalan tubuh yang tidak jarang menyebabkan para lansia mudah mengalami berbagai penyakit infeksi. Hal ini dapat diperberat oleh faktor lain seperti adanya kekurangan gizi.

Namun, tidak perlu berkecil hati, harus selalu optimis, ceria dan berusaha agar selalu tetap sehat di usia lanjut. Jadi walaupun usia sudah lanjut, harus tetap menjaga kesehatan. Berbagai macam persiapan dapat dilakukan agar tetap sehat di usia lanjut, sehingga dapat menjalani kehidupan masa tua tanpa ada hambatan yang berarti.

Berikut 10 langkah agar hidup lebih sehat di usia lanjut:

  1. Pola makan yang baik dan teratur, dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering.
  2. Memperkuat daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E, B6, C, contohnya biji-bijian utuh, sayuran hijau, daging tidak berlemak, mentega atau minyak dari tumbuhan.
  3. Mencegah tulang keropos dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti produk olahan susu.
  4. Untuk menjaga saluran cerna tetap sehat, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya serat seperti biji-bijian (kacang hijau, kacang merah), buah-buahan (jeruk, pepaya, nanas, apel), dan sayuran berdaun hijau tua (kailan, sawi, bayam).
  5. Untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah katarak, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi  makanan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten seperti sayuran berwarna kuning dan hijau.
  6. Kurangi risiko penyakit jantung dengan membatasi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti telur puyuh, cumi, dan kuning telur.
  7. Menjaga fungsi syaraf tetap baik dengan makan makanan yang banyak mengandung vitamin B6, B12, dan asam folat.
  8. Mempertahankan berat badan ideal, makan makanan rendah lemak dan kaya akan karbohidrat kompleks seperti pisang.
  9. Menjaga otot agar tetap lentur dengan melakukan olahraga aerobik, renang, dan jogging.
  10. Tetap terus beraktivitas. Massa tulang banyak dipengaruhi oleh lamanya tulang digunakan, atau tekanan yang dikenakan pada tulang. Dengan rangsangan ini, tulang memperoleh kemampuan memperbaiki diri hingga mencapai usia tua.

Selain menjaga diri dari sakit dengan pola makan yang sehat dan berolahraga tentu saja menjaga agar jiwa tetap sehat dan menghindari stres dengan: pola hidup sederhana, berpikir positif, dan selalu bahagia dengan apa yang telah diperoleh. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates