Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Cari Tahu Pentingnya Pelayanan Home Care

Cari Tahu Pentingnya Pelayanan Home Care

Yuk, Cari Tahu Pentingnya Pelayanan Home Care!

Program Pendampingan dan Perawatan Sosial bagi lanjut usia (home care) ini sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Program ini telah diperkenalkan sejak tahun 1974 oleh (Alm) Ibu Jenderal A.H. Nasution yang ketika itu lebih berfokus pada pemberian makanan bergizi kepada lanjut usia (lansia).

Awalnya, program ini diperuntukkan bagi pria maupun wanita yang telah berusia 60 tahun ke atas, dengan kondisi terlantar, miskin, hidup sendiri, uzur, bedridden, pasca perawatan di rumah sakit dan mengalami hambatan dalam melaksanakan aktifitas kehidupan sehari-hari.

Seiring waktu, program ini menjadi sebuah solusi di tengah kesibukan anggota keluarga lainnya sehingga lansia yang tinggal serumah bisa tetap terperhatikan.

Bisa dipahami bahwa pendampingan dan perawatan sosial lanjut usia di rumah atau dikenal dengan nama Home Care adalah bentuk pelayanan bagi lanjut usia yang berada di rumah atau di tengah-tengah keluarga dengan didampingi oleh seorang pendamping dalam pemenuhan kebutuhannya.

Pendamping mempunyai peran membantu serta melayani lanjut usia agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara layak dan manusiawi. Pendampingan dan perawatan sosial lanjut usia di rumah disesuaikan dengan kebutuhan lanjut usia di rumah disesuaikan dengan kebutuhan lanjut usia yang memiliki karakteristik tersendiri.

Pendamping adalah seseorang yang mempunyai kompentensi yang didapat baik melalui pelatihan maupun bimbingan teknis dalam memberikan pendampingan dan perawatan sosial kepada lanjut usia di rumah.

Pentingnya home care karena beberapa sebab di antaranya: lanjut usia berhak hidup di tengah-tengah keluarga dan/atau kerabatnya, memberikan kenyamanan dan rasa nyaman kepada lanjut usia untuk tetap tinggal di lingkungannya, perubahan dari keluarga besar menjadi keluarga inti yang menyebabkan lanjut usia tinggal sendiri, terbatasnya panti sebagai penyedia pelayanan sosial lanjut usia, budaya setempat yang kurang menerima penempatan lanjut usia dalam panti, tingginya biaya pengasuhan di panti, biaya perawatan di rumah sakit cukup tinggi.

Pelayanan dalam program Home Care dilakukan dalam bentuk: perawatan sosial, pendampingan, pemenuhan kebutuhan dasar lanjut usia, pelayanan perawatan sosial bagi lansia, pelayanan kegiatan sehari-hari, perawatan medis/kesehatan bagi lansia di rumah (merawat lanjut usia yang menderita sakit, penyandang cacat, lanjut usia yang uzur/bedridden), konsultasi dan konseling, pendampingan lanjut usia di rumah, pelayanan intervensi krisis dan rujukan, advokasi hukum lansia di rumah, pelayanan dalam menyatukan (reunifikasi) lanjut usia dengan keluarganya, pelayanan melalui telepon, pelayanan informasi, pelayanan berupa pemberian kebutuhan dasar seperti pakaian dan kelengkapan pangan yaitu berupa kebutuhan permakanan seperti nasi, lauk pauk, susu, buah-buahan, makanan ringan, dan lainnya yang berkaitan dengan tambahan gizi bagi lanjut usia.

Layanan home care telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ini diikuti dengan keberagaman pelayanan dan perawatan sosial yang diberikan kepada lanjut usia sesuai dengan kebutuhan serta masalah yang ditemukan di lapangan.

Peningkatan kualitas dan profesionalisme pendampingan dan perawatan sosial lanjut usia di rumah tersebut diyakini akan dapat melengkapi alternatif model pelayanan lain yang telah diberikan kepada lanjut usia selama ini. Hal ini karena pendampingan dan perawatan sosial lanjut usia di rumah/home care bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan lanjut usia yang mempunyai hambatan fisik, mental, sosial, dan spiritual  termasuk pelayanan untuk hidup mandiri tanpa bergantung kepada orang lain, dan senantiasa nyaman di rumah maupun lingkungannya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates