Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Cegah Demensia Dengan Menjaga Ingatan

Cegah Demensia Dengan Menjaga Ingatan

Cegah Demensia Dengan Menjaga Ingatan

Cegah Demensia Dengan Menjaga Ingatan (Foto: dok. deherba.com)

Cegah Demensia Dengan Menjaga Ingatan – Seiring dengan waktu, hal-hal yang kita anggap kecil bisa memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan otak. Banyak orang berusia paruh baya mulai memperhatikan perbaikan untuk mecegah penurunan daya ingat. Ini karena penyakit demensia merupakan momok bagi orang yang ingin hidup sehat sampai tua.

Meskipun tidak ada jaminan kita bisa mencegah ingatan yang hilang, peneliti menemukan bagaimana cara kerja otak dan tetap sehat.
Ini adalah lima langkah sederhana yang bisa Anda lakukan:

  1.  Makan makanan yang sehat
    Pilih sayuran, ikan, telur, minyak kelapa dan buah-buah. Batasi daging merah, gula dan alkohol. Hindari makanan olahan dan kemasan sebisa mungkin. Makanan yang sehat juga akan mengurangi resiko diabetes tipe 2, yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer. Penelitian menunjukkan, membuat jurnal makanan adalah cara terbaik untuk peduli dengan apa yang Anda makan. Anda bisa menggunakan pensil dan kertas atau di ponsel untuk mencatat daftar makan makanan yang boleh dan tidak.
  2. Olahraga
    Semua olahraga memiliki manfaat. Jika Anda belum mulai bisa berolahraga, mulailah dengan berjalan kaki. Usahakan agar berolahraga selama 30 menit selama lima hari dalam sepekan, kemudian secara bertahap tingkatkan intensitasnya. Konsultasi dengan dokter Anda sebelum mengikuti program latihan olahraga yang lebih intens. Sebagian orang menginstal aplikasi untuk menghitung langkah berjalan atau berlari serta kalori yang dibakar setiap harinya. Ini juga efektif membuat kita selalu aktif bergerak.
  3. Tetap bersosialisasi
    Tetap menjalin hubungan komunikasi, baik secara online atau tatap muka bagus untuk otak. Mereka yang memiliki jejaring sosial kuat juga risikonya mengalami demensia lebih rendah. Cara lainnya adalah mengikuti komunitas, baik grup hobi atau menjadi relawan kegiatan sosial. Hubungan sosial juga menjaga agar tidak gelisah, stres dan depresi yang berdampak negatif terhadap fungsi otak.
  4. Tidur cukup
    Orang sering lupa tentang pentingnya tidur. Ketika Anda tidur, otak Anda akan kembali jernih dan segar. Penelitian menunjukkan tidur 7 hingga 9 jam setiap hari memiliki dampak positif bagi otak Anda.
  5. Tantang otak Anda
    Petuah tua menyebut “gunakan atau kehilangan”. Ini berlaku untuk otak. Bila Anda rajin menggunakannya untuk mengingat dan fungsi kognitif lainnya, penurunan fungsinya bisa dicegah. Bekerja, menjadi relawan, membaca, bermain puzzle dan belajar hal baru adalah cara terbaik menjaga otak Anda sehat dan aktif. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates