Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Cegah Diatebes, Cermati 6 Tips Berikut

Cegah Diatebes, Cermati 6 Tips Berikut

Cegah Diatebes, Cermati 6 Tips Berikut

Cegah Diatebes, Cermati 6 Tips Berikut – Gaya hidup yang serba sibuk, terkadang membuat banyak orang tak sadar ada beberapa penyakit yang diam-diam mengintai kesehatan mereka. Diabetes, tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung adalah sejumlah penyakit yang muncul karena pola hidup yang tidak seimbang.

Diabetes merupakan salah satu penyakit kritis yang bisa menimbulkan masalah kesehatan tingkat lanjut seperti penyakit kardiovaskular. Bahkan, para ahli kesehatan mengatakan persentase orang yang berisiko terkena diabetes semakin meningkat di zaman modern seperti saat ini.

Ada beberapa kebiasaan dan gaya hidup penyebab diabetes yang harus dihindari. Berikut beberapa tips mencegahnya:

  1. Penurunan berat badan
    Menurunkan 5 kg berat badan secara signifikan bisa menurunkan risiko diabetes. Bahkan orang-orang yang kelebihan berat badan adalah 70 persen lebih mungkin mengurangi risiko diabetes ketika mereka kehilangan hanya 5 persen dari berat badan mereka.
  1. Pilih makanan pembuka yang tepat
    Makan sayuran dengan saus sebelum mengonsumsi hidangan utama membantu mengontrol kadar gula darah Anda. Dalam sebuah studi Arizona State University, orang dengan diabetes tipe 2 memiliki kadar gula darah yang lebih rendah, jika mereka mengonsumsi sekitar dua sendok makan cuka sebelum makan makanan tinggi karbohidrat. Cuka mengandung asam asetat yang mungkin menonaktifkan enzim pati dan memperlambat pencernaan karbohidrat.
  1. Berjalan
    Berjalan sebanyak yang Anda bisa setiap hari. Dalam sebuah studi Finlandia, mereka yang berjalan hingga empat jam seminggu atau sekitar 35 menit sehari, mampu mengurangi risiko diabetes sebesar 80 persen, bahkan jika mereka tidak kehilangan berat badan.
  1. Konsumsi gandum
    Memilih sereal yang tepat bisa membantu Anda menurunkan berat badan dan menjaga gula darah stabil. Asupan gandum yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan menurunkan tingkat kanker payudara, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan stroke.
  1. Kopi
    Jika Anda seorang penggemar kopi, teruslah minum kopi tersebut. Kopi bisa membantu mencegah timbulnya diabetes. Setelah mereka mempelajari 126.210 perempuan dan laki-laki, para peneliti di Harvard School of Public Health menemukan bahwa orang yang minum kopi lebih dari 6 cangkir per hari memiliki risiko 29-54 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Menyeruput empat sampai lima cangkir bisa memotong risiko diabetes sekitar 29 persen. Para peneliti menduga bahwa kafein bisa membantu dengan meningkatkan metabolisme. Dan kopi, sumber kafein utama dalam penelitian ini juga mengandung kalium, magnesium, dan antioksidan yang membantu sel menyerap gula.
  1. Hindari konsumsi daging merah terlalu sering
    Wanita yang makan daging merah setidaknya lima kali seminggu memiliki risiko 29 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang makan kurang dari sekali seminggu.

Biang keladinya? Para ilmuwan menduga kolesterol dalam daging merah dan aditif dalam daging olahan. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates