Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Dipercaya Olahraga Turunkan Risiko 13 Jenis Kanker

Dipercaya Olahraga Turunkan Risiko 13 Jenis Kanker

Kanker memang penyakit yang belum dapat diobati sampai tuntas, meski begitu ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah kanker. Selain memiliki pola makan yang sehat, aktif secara fisik juga seharusnya menjadi bagian dari gaya hidup kita.

Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang rajin melakukan aktivitas fisik, memiliki penurunan risiko terkena 13 jenis kanker. Peneliti menganalisis data dari 1,4 juta orang di Amerika Serikat dan Eropa yang diikuti selama 11 tahun.

Dalam masa penelitian itu, lebih dari 186.000 peserta penelitian terkena kanker. Para peserta penelitian ditanya oleh peneliti mengenai aktivitas fisik yang dilakukan. Hasilnya, mereka yang lebih banyak melakukan olahraga, memiliki penurunan risiko 13 jenis kanker dibanding mereka yang tidak pernah atau sangat jarang olahraga.

Berikut 13 jenis kanker yang mengalami penurunan risiko jika melakukan olahraga:

  1. Kanker tenggorokan: risiko 42 persen lebih rendah
  2. Kanker hati: risiko 27 persen lebih rendah
  3. Kanker paru-paru: risiko 26 persen lebih rendah
  4. Kanker ginjal: risiko 23 persen lebih rendah
  5. Kanker perut kardia (bagian atas perut): risiko 22 persen lebih rendah
  6. Kanker endometrium: risiko 21 persen lebih rendah
  7. Myeloid leukemia: risiko 20 persen lebih rendah
  8. Myeloma: risiko 17 persen lebih rendah
  9. Kanker usus besar: risiko 16 persen lebih rendah
  10. Kanker kepala dan leher: risiko 15 persen lebih rendah
  11. kanker rektum: risiko 13 persen lebih rendah
  12. Kanker kandung kemih: risiko 13 persen lebih rendah
  13. Kanker payudara: risiko 10 persen lebih rendah

Namun, tingginya aktivitas fisik juga dikaitkan dengan risiko kanker kulit melanoma sebesar 27 persen lebih tinggi jika sering terkena paparan sinar matahari. Peneliti pun mengingatkan agar orang-orang yang berolahraga di udara terbuka tidak lupa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Menurut peneliti di jurnal JAMA Internal Medicine, temuan ini dapat lebih menggiatkan lagi aktivitas fisik sebagai gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit kanker. Olahraga yang bisa dilakukan antara lain lari, berenang, dan bersepeda.

Sementara itu, menurut Marilie Gammon dari University of North Carolina di Chapel Hill, jika masyarakat rutin melakukan aktivitas fisik, bisa mengurangi beban penyakit kanker. Sayangnya, penelitian ini tidak secara detail menunjukkan berapa banyak aktivitas fisik yang perlu dilakukan untuk menurunkan risiko kanker. Untuk itu, perlu penelitian lebih lanjut. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates