Friday , 15 December 2017
Home » Artikel » Otak Lansia Punya 4 Kehebatan yang Menakjubkan

Otak Lansia Punya 4 Kehebatan yang Menakjubkan

4 Kehebatan Otak Lansia
Dibalik segala keterbatasan, ternyata otak para lanjut usia atau senior punya 4 kehebatan yang menakjubkan. Ini terbukti dengan masih banyak dijumpainya orang yang sudah sepuh memiliki inovasi dan kreatifitas yang tak kalah dengan orang-orang muda. Beberapa kemampuan otak tua yang mencengangkan tersebut di antaranya:

1. Lebih berempati
Empati sangat penting dalam penyusunan rencana karena diperlukan untuk memahami untuk siapa sebuah rencana dibuat. Orangtua memiliki kemampuan yang lebih besar untuk berempati karena kemampuan itu dipelajari dan disempurnakan seiring pertambahan usia. Berapa banyak remaja yang tahu akan manfaat empati? Rasanya tidak banyak.

2. Mampu berpikir luas
Otak yang tua lebih dapat melihat pola dan gambaran sesuatu secara utuh. Orang yang lebih muda mungkin lebih baik dalam mengingat sesuatu dalam jangka pendek, namun orangtua telah memiliki banyak pengalaman dan lebih mampu membangun gambaran luas dari berbagai aspek yang berbeda.

3. Lebih berani
Seiring pertambahan usia, manusia lebih mampu mengantisipasi masalah dan mencari jalan keluar daripada ketika masih muda. Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa keterampilan penalaran kompleks manusia terus meningkat seiring bertambahnya usia.

Ketika bertambah tua, orang akan berpikir lebih dalam mengenai apa yang berarti dalam hidupnya sekarang, bukan apa yang bisa dilakukan untuk membuat masa depan lebih baik. Mungkin karena menyadari bahwa masa depannya singkat, orangtua cenderung menekankan kehidupan di masa sekarang. Ia akan melihat lebih lanjut tentang diri sendiri dan orang lain di lingkungannya sehingga memicu munculnya ide-ide baru yang sangat berguna.

4. Percaya diri
Persepsi orangtua terhadap kemampuannya sendiri akan menjadi prediktor kuat dari apa yang bisa dan tidak bisa dia capai. Otak yang lebih tua cukup tangguh dan dapat dirangsang untuk berinovasi dengan cara yang luar biasa. Orangtua perlu didorong untuk terus kreatif karena potensi yang dimiliki masih sangat besar. (RN/dbs)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates