Tuesday , 12 December 2017
Home » Artikel » Peran penting Ibu membentuk keluarga sehat

Peran penting Ibu membentuk keluarga sehat

Peran penting Ibu membentuk keluarga sehat

Peran penting Ibu membentuk keluarga sehat (Foto: dok. peringatandini.com)

Peran penting Ibu membentuk keluarga sehat – Ibu memiliki peran penting untuk membentuk keluarga sehat. Peran itu dinilai penting dari banyak perannya yang lain, seperti bekerja, mengasuh anak, mengurus makanan, membersihkan rumah, dan belanja. Hal itu dikatakan dokter spesialis keolahragaan dr Michael Triangto di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Jadi, kalau peran ibu tidak disertakan, maka saya tidak yakin kesehatan keluarga kita jadi lebih baik,” katanya.

Ia menyontohkan di Jepang, ibu memiliki tanggung jawab besar pada anggota keluarganya. Bila suami atau anak-anaknya menjadi gemuk, obesitas maka ibu kerap merasa bersalah karenanya.

Untuk menjadikan keluarga lebih sehat, ia menyebut sang ibu bisa mengajak suami atau anak berolahraga atau aktivitas fisik. Hal itu di antaranya bisa menghindari obesitas yang bisa berdampak terserang PTM seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, obesitas, stroke, diabetes, dan sebagainya.

Menurut Michael, meski tidak semua, namun masih banyak ibu yang alergi berolahraga. “Alasannya macam-macam mulai dari terlalu capek, berkeringat, tidak memiliki waktu, tidak ada teman, hingga tak ada uang,” ujarnya.

Padahal, kata dia, ada olahraga yang bisa dilakukan tanpa perlu alat khusus. Juga tak perlu yang berat-berat, alias ringan saja. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates