Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Gejala Umum Penyakit Diabetes yang Perlu Dipahami (bagian 2)

Gejala Umum Penyakit Diabetes yang Perlu Dipahami (bagian 2)

Gejala Umum Penyakit Diabetes yang Perlu Dipahami

Foto: dok. healthxchange.com

Gejala Umum Penyakit Diabetes yang Perlu Dipahami – Penyakit diabetes bukanlah penyakit yang tiba-tiba datang. Pasti ada suatu proses panjang yang terkadang tidak kita sadari awalnya. Dulu, orang dewasa yang banyak terkena penyakit ini, tapi kini anak-anak pun terbuka peluang untuk terjangkit.

Berikut beberapa gejala penyakit diabetes mellitus:

  1. Buang air kecil berlebihan: Ini disebabkan kadar gula dalam darah berlebih. Akibatnya, tubuh dirangsang untuk mengeluarkan kelebihan gula tersebut melalui ginjal dan bermuara di urin.
  2. Rasa haus yang berlebihan: Karena sering buang air kecil, maka akan terasa haus yang berlebihan. Gejala ini akan berlangsung terus menerus selama kadar gula dalam darah belum terkontrol baik.
  3. Meningkatnya nafsu makan: Berkurangnya cadangan gula dalam tubuh membuat orang bernafsu makan lebih besar. Parahnya lagi, makanan yang dikonsumsi mengandung zat hiperglikemia (zat yang banyak mengandung gula/manis).
  1. Kelelahan tanpa sebab jelas: Seseorang mudah mengalami lelah, letih seperti hilang tenaga. Gejala ini disebabkan karena tubuh kekurangan oksigen untuk membakar gula menjadi energi. Gula dalam darah menumpuk banyak di pembuluh darah sehingga membuat darah menjadi kental dan alirannya melambat sehingga menyebabkan gangguan pasokan oksigen yang dibawa oleh darah. Padahal agar bekerja secara optimal, tubuh memerlukan oksigen untuk membakar gula menjadi energi.
  2. Timbul masalah pada kulit: Muncul masalah pada kulit seperti gatal-gatal berupa kulit merah dan menipis, terutama di sekitar kelamin. Masalah lainnya adalah kesemutan pada kulit dan rasa gatal di tangan dan kaki. Gejala ini disebabkan karena terjadi kerusakan pada pembuluh kapiler yang terletak di bawah kulit dan sampai sekarang belum ditemukan obatnya.
  3. Luka susah sembuh: Lamanya proses penyembuhan luka disebabkan karena terhambatnya sirkulasi suplai darah akibat menyempitnya pembuluh darah. Gejala ini patut diwaspadai karena dapat menyebabkan luka menjadi terinfeksi dan menyebabkan komplikasi.
  4. Sakit di beberapa bagian tubuh: Penderita diabetes mengalami sakit dibeberapa bagian tubuh terutama di punggung bagian bawah dan anggota badan. Walaupun penderita minum obat penghilang rasa sakit, namun rasa nyeri tidak kunjung sembuh.
  5. Gangguan penglihatan: Seseorang yang mengalami gangguan penglihatan (katarak), yaitu buramnya lensa mata sehingga cahaya yang masuk ke bola mata menjadi terhambat, patut dicurigai telah mengidap diabetes. Gejala ini disebabkan karena gula membentuk suatu lapisan, kemudian menutupi lensa mata.
  6. Impotensi pada pria: Gejala ini biasanya menyerang pada pria yang gemar merokok dan minum minuman beralkohol. Gejala ini timbul karena rusaknya sel-sel syaraf akibat terganggunya sistem aliran darah di sekitar sel-sel syaraf seperti pada ginjal dan alat kelamin.

Jika muncul gejala demikian, tidak ada salahnya dilakukan pengecekan urin untuk mengetahui kadar gula dalam darah. Jangan tunda lagi, segera ambil tindakan! (RN)

[su_highlight]BACA JUGA: Kupas Tuntas Penyakit Diabetes[/su_highlight]

  1. Penyakit Diabetes (bagian 1)
  2. Penyakit Diabetes (bagian 2)
  3. Penyakit Diabetes (bagian 3)
  4. Penyakit Diabetes (bagian 4)
  5. Penyakit Diabetes (bagian 5)
  6. Penyakit Diabetes (bagian 6)
  7. Penyakit Diabetes (bagian 7)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates