Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Ginjal Sehat Konsumsi 5 Makanan Ini

Ginjal Sehat Konsumsi 5 Makanan Ini

Di sekitar Anda, ada banyak makanan yang bisa menolong “memperbaiki” ginjal Anda yang mungkin sudah keburu rusak. Lima makanan ini kaya anti-oksidan, vitamin serta mineral yang membantu menguatkan ginjal. Selain itu, kelima makanan ini bermanfaat bagi pasien yang baru saja menjalani transplantasi ginjal. Akan tetapi, sebelum dikonsumsi, ada baiknya Anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Berikut lima makanan yang bermanfaat bagi kesehatan ginjal:

  1. Paprika merah
    Buah yang jadi topping klasik dalam pizza ini punya potasium yang rendah dan kaya akan vitamin A, C, B6, asam folat dan serat. Paprika juga kaya akan likopen yang bisa menjauhkan Anda dari kanker. Makanlah paprika panggang atau potong ke dalam salad dan nikmatilah.
  2. Apel
    Punya sifat anti-inflamasi (peradangan), serat, dan vitamin, apel juga merupakan buah yang bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh, mencegah sembelit, dan menjaga ginjal sehat. Buah ini bisa dikonsumsi langsung, dimasak, atau dijus, karena menyehatkan dalam segala bentuk.
  3. Buah cranberry
    Agak sulit memang menemukan buah ini di pasar, kecuali Anda ke swalayan. Bentuknya mirip ceri liar dan buah cranberry ini adalah obat alami untuk infeksi saluran kemih karena meningkatkan tingkat keasaman urin, sehingga tidak bersahabat untuk bakteri. Buah ini juga bisa mencegah kanker.
  4. Ikan
    Mengonsumsi ikan tiga kali dalam seminggu bisa menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan dalam tubuh dan melawan kanker. Pasalnya, ikan kaya akan omega 3 dan anti-oksidan.
  5. Putih telur
    Putih telur juga merupakan sumber protein yang mudah larut dalam tubuh serta punya konten potasium yang rendah. Anda bisa mengonsumsinya dengan hanya merebus telur. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates