Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Harta Berharga di Usia Senja

Harta Berharga di Usia Senja

Fakta berbicara bahwa sejumlah penjaga (pengurus) orang sakit, yang biasanya keluarga pasien, meninggal terlebih dahulu karena terbeban capek fisik dan mental.

Anak-anak dan cucu-cucu adalah harta yang berharga bagi para lanjut usia atau senior.

Ungkapan itu tak ada salahnya. Tapi itu tentu dalam konteks global atau kehidupan keluarga. Namun, dalam kehidupan pribadi, apa yang menjadi harta berharga bagi para senior?

Salah satunya adalah kesehatan fisik, psikis, mental, dan religius. Keempat hal ini harus benar-benar menjadi perhatian bagi para senior. Dengan menggengam keempat sehat itu, maka kehidupan masa tua akan menjadi ‘kaya raya’.

Lalu bagaimana dengan finansial? Tentu itu juga penting. Akan tetapi, bila Anda sudah memiliki keempat sehat itu, maka finansial, kalau pun masih harus menggeluti pekerjaan masih akan tetap bisa dijalankan bukan?

Kesehatan fisik bicara soal pola makan dan gaya hidup yang Anda lakoni. Konsumsi makanan yang sehat dan pola makan yang teratur. Demikian pula hindari hal-hal yang bisa menciderai kesehatan Anda, seperti merokok, alkohol, dan sebagainya.

Sementara soal psikis atau kejiwaan, Anda harus membiasakan hidup dengan jiwa yang terbuka dan hati yang gembira. Semua itu bisa dijalankan dengan mensyukuri kehidupan yang Anda miliki. Jangan banyak mengeluh, tapi tetaplah berpikir positif bahwa bagaimana pun kehidupan Anda sekarang, itu adalah bagian dari rencana Sang Pencipta yang akan mendatangkan kebaikan pada Anda. Kalau pun Anda merasa membutuhkan orang lain sebagai teman bercerita, ada pihak ketiga yang bisa melakukannya dengan pola home care. Ini akan sangat menolong Anda menghidari kesepian dan kesendirian.

Soal mental, tentu Anda harus memahami betul bahwa usia senja adalah berkah yang Tuhan berikan. Itu adalah bagian dari rancangan puzzle yang harus Anda penuhi. Pahamilah, bahwa di usia senja kemampuan fisik Anda akan menurun. Karena itu, Anda pun sebaiknya melakukan segala aktifitas dengan penuh kehati-hatian dan pertimbangan matang.

Sedang kehidupan religius adalah hal yang terpenting Anda pupuk. Sediakan waktu Anda untuk mengadakan berbagai aktifitas religius, baik yang sifatnya pribadi maupun bersama komunitas. Dengan begitu kedamaian hati akan Anda dapatkan.
Intinya, penting bagi mereka untuk tetap menjaga kesehatannya. Tentunya dengan cara jangan terlalu khawatir, pasrah kepada Tuhan, berusaha mendapatkan dukungan dari keluarga lain dan teman-teman.

Jangan ragu lagi, milikilah “harta” berharga di usia senja Anda. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates