Senin , 13 November 2017
Home » Artikel » Hindari Makanan Cepat Saji, Bikin Awet Muda

Hindari Makanan Cepat Saji, Bikin Awet Muda

Hindari Makanan Cepat Saji, Bikin Awet Muda – Daya tahan tubuh akan maksimal salah satunya melalui asupan nutrisi yang berimbang. Selain itu juga bisa mencegah timbulnya penyakit.

Untuk pemenuhan gizi seimbang, seseorang perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

“Komposisinya, makanan yang mengandung karbohidrat 55 sampai 65 persen, makanan mengandung protein 12 sampai 15 persen dan lemak 25 sampai 30 persen,” kata Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, dalam acara yang digelar oleh Herbilogy di Almond Zucchini Jakarta, beberapa hari lalu.

Namun, jika selama ini Anda adalah penggemar makanan cepat saji yang tergolong junk food atau gemar memakan apa pun yang Anda suka tanpa bisa mengendalikannya, bukan nutrisi seimbang yang Anda dapatkan, melainkan sumber penyakit.

Menurut beberapa penelitian, kebanyakan makanan cepat saji adalah makanan olahan, yang dimasak dengan cara digoreng. Agar rasanya lebih enak, makanan ini biasanya diberi perasa buatan dan memiliki kandungan gula dan garam yang tinggi. Selain itu junk food banyak menggunakan bahan makanan beku yang tidak segar dan minim penggunaan sayur dan buah.

Bahan dan cara pengolahan dalam makanan-makanan ini membuatnya menjadi tinggi kalori. Anda mungkin terkejut bila tahu bahwa seporsi burger yang di dalamnya diisi sayuran pun ternyata mengandung lebih dari 1.200 kalori.

Ditambah lagi, makanan ini rasanya memang enak, sehingga orang cenderung makan berlebih. Akibatnya kalori dalam tubuh melebihi yang dibutuhkan, dan ditimbun sebagai lemak, sehingga orang mengalami obesitas.

Menurut konsultan gizi MRCCC Siloam Hospital Semanggi ini, pola hidup dengan pilihan makanan sepertiitu harus diubah sedini mungkin agar Anda bisa menikmati masa tua tanpa sakit-sakitan. “Menikmati masa tua itu butuh energi, kalau pola hidup belum benar bagaimana mau menikmati masa tua?” tutur Dr Samuel.

Maka dari itu, dirinya menganjurkan masyarakat segera memperbaiki pola hidupnya, dari yang biasa mengonsumsi makanan cepat saji ke makanan yang berserat seperti sayur-sayuran maupun rebusan untuk menikmati masa tua di kemudian hari.

“Konsumsi yang cerdas dan penuh kesadaran akan kesehatan merupakan langkah besar menuju hidup sehat berkualitas. Saya sangat menganjurkan konsumsi makanan dari bahan-bahan alami,” pungkasnya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates