Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Hindari Makanan Ini Bagi Penderita Asam Urat

Hindari Makanan Ini Bagi Penderita Asam Urat

Hindari Makanan Ini Bagi Penderita Asam Urat – Gout atau penyakit asam urat merupakan kondisi yang menyebabkan gejala nyeri tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas pada persendian.  Jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki menjadi sendi yang paling sering terserang asam urat.
Kendati demikian, penyakit ini bisa dicegah dan dikontrol dengan menjalankan pola hidup sehat. Di antaranya berolahraga secara teratur dan menghindari makanan penyebab asam urat.
Berikut ini daftar makanan yang bisa memicu asam urat, menurut dr Reisa Broto Asmoro:

  1. Jeroan
    Jeroan seperti babat, kikil, hati, ginjal, dan rempela memiliki kandungan purin yang tinggi dan memicu meningkatnya kadar asam urat. Purin merupakan senyawa kimia tertentu dalam beberapa makanan, jika pecah akan berubah menjadi asam urat. Purin umumnya ditemukan dalam makanan berprotein tinggi.
  1. Gorengan
    Konsumsi gorengan berlebihan bisa muncul asam urat. Pada gorengan juga ada kandungan purin yakni pada tepung.
  1. Daging merah
    Berbagai jenis daging, khususnya daging merah memiliki jumlah purin dan kandungan kolesterol yang tinggi. Akumulasi makanan dengan kandungan purin akan memperparah kondisi. Misalnya, mengonsumsi daging merah dan sayur bayam dalam waktu bersamaan. Pasalnya, purin juga terdapat pada sayuran hijau berwarna gelap.
  1. Minuman tinggi gula
    Minuman tinggi gula umumnya mengandung kadar gula fruktosa. Oleh karena itu, minuman ini sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates