Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Hindari Penuaan, Baiknya Lansia Konsumsi Susu

Hindari Penuaan, Baiknya Lansia Konsumsi Susu

Banyak lanjut usia (lansia) menghadapi masalah kesehatan. Salah satu kuncinya adalah asupan gizi yang baik. Penelitian baru-baru ini menunjukkan kandungan dalam produk susu memainkan peranan yang penting dalam mencegah masalah kesehatan yang kerap dialami di usia senja.
Studi yang disampaikan oleh Dairy Council mengungkapkan orang tua yang lebih sedikit mengonsumsi produk susu lebih rentan mengalami masalah penuaan. Sebaliknya, orang-orang yang mengonsumsi produk susu dengan jumlah cukup setiap hari, berisiko lebih rendah mengalami sarcopenia atau penyakit menghilangnya massa otot dan juga osteoporosis.

Peneliti mengakui perlu studi lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Namun, studi awal menunjukkan bahwa protein kualitas tinggi pada produk susu dapat membantu mempertahankan massa otot dan mengurangi risiko kerapuhan pada orang tua.
“Kualitas protein merupakan aspek yang kurang diperhatikan dari rekomendasi protein untuk orang tua. Maka dari itu, seharusnya kualitas protein mendapatkan perhatian yang lebih besar,” ucap Mullen, dikutip dari Express, beberapa waktu lalu.

Mullen melanjutkan, tidak ada makanan lain yang mampu memberi jumlah kalsium yang sama dengan produk susu. Untuk itu, peneliti merekomendasikan supaya susu dimasukkan dalam pola makan sehari-hari. Tujuannya, agar kekuatan tulang tetap terjada meski usia sudah lanjut.

“Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Kita perlu menyadari bagaimana pola makan kita dapat membantu kita saat kita menjadi tua,” tambah Mullen.

Laporan ini akan menjadi bagian dari penelitian tentang susu dan penuaan sehat yang akan diterbitkan akhir tahun ini. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates