Senin , 20 November 2017
Home » Artikel » Hubungan Sosial Buat Tubuh Lebih Sehat

Hubungan Sosial Buat Tubuh Lebih Sehat

Hubungan Sosial Buat Tubuh Lebih Sehat – Memiliki hubungan kekerabatan yang baik membuat tubuh lebih sehat. Hal itu berdasarkan penelitian terbaru dari University of North Carolina di Chapel Hill, Amerika Serikat.

Hubungan kekerabatan dan kesehatan memiliki pengaruh yang sangat besar, khususnya bagi mereka yang masih muda. Sedangkan, menyendiri dipercaya memberikan efek negatif lebih tinggi dibandingkan kurang berolahraga.

“Kami akhirnya berhasil menunjukkan untuk pertama kalinya bagaimana hubungan ini (antara hubungan sosial dan kesehatan) terjadi, berevolusi, dan berubah seiring pertambahan usia,” kata Profesor Sosiologi Yang Claire Yang dari UNC Chapel Hill dan Lineberger Comprehensive Cancer Center.

Sementara, penulis studi sekaligus profesor sosiologi di UNC Chapel Hill Kathleen Mullan Harris mengatakan penemuan ini bisa mendorong anak muda untuk membangun hubungan sosial secara luas. “Ini sama pentingnya seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergerak secara aktif,” jelas Harris.

Para peneliti juga menjelaskan pada usia 30 tahun dan pertengahan 50 tahun, besarnya lingkup sosial bukanlah hal yang penting. Umumnya mereka bergaul dengan orangtua, anak-anak, remaja, dan orang dewasa lainnya. Akibatnya, tak jarang hal ini menjadi salah satu penyebab utama stres.

Peneliti pun berkesimpulan, di usia tersebut, hubungan sosial yang berkualitas lebih penting dibandingkan seberapa banyak jumlah teman yang dimiliki. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates