Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Idealnya Berapa Lama Anak Harus Bermain?

Idealnya Berapa Lama Anak Harus Bermain?

Idealnya Berapa Lama Anak Harus Bermain

Idealnya Berapa Lama Anak Harus Bermain? – Bermain bagi anak merupakan hal yang menyenangkan. Tapi, seberapa banyak waktu yang diperlukan anak untuk bermain?

Menurut psikolog anak, Roslina Verauli, MPsi, waktu bermain yang berkembang dengan sangat cepat atau the play years terjadi pada usia dua hingga lima tahun. Di waktu tersebut, anak dianjurkan bermain lima jam dalam sehari.

“Bermainnya pun harus seimbang aktif dan pasif. Bermain aktif, ketika anak bermain bersama orangtua misalnya nyanyi bareng. Tapi ada saatnya anak bermain pasif misalnya bernyanyi sendiri,” tutur Vera dalam temu media di Kembang Goela, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Vera juga menjelaskan ketika orangtua ingin bergabung dengan anak yang sedang bermain sendiri, waktu yang tepat yaitu ketika orangtua dalam keadaan positif atau tidak dengan terpaksa. Apa alasannya? “Kalau orang tua terpaksa ikut bermain sama anaknya kan kondisi pikirannya negatif. Nah, ini nggak baik untuk anak karena bisa menyebarkan pikiran yang negatif juga,” terang Vera.
Sedangkan menurut psikolog, Rini Hildayani, M.Si., bermain bisa mengembangkan karakter positif pada anak. Misalnya saja kepemimpinan, keberanian dan kreativitas. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates