Senin , 13 Agustus 2018
Home » Artikel » Ini 3 Cara Bantu Hindarkan Anak dari Konten Video Terlarang

Ini 3 Cara Bantu Hindarkan Anak dari Konten Video Terlarang

Ini 3 Cara Bantu Hindarkan Anak dari Konten Video Terlarang (Foto: dok. rsjsoerojo.com)

Ini 3 Cara Bantu Hindarkan Anak dari Konten Video Terlarang – Bagi anak, ada konten-konten video yang terlarang. Misalnya yang mengandung kekerasan dan seksualitas. Nah, bagaimana cara mengindarkan anak dari konten video terlarang?

Agar tidak kecolongan, ada tiga hal yang harus diperhatikan orangtua:

  1. Yakinkan bahwa setingan di Youtube atau handphone sudah aman
    Orangtua bisa memilih konten-konten video untuk anak tonton dengan menyeleksinya menggunakan ‘add to’ yang ada pada fitur Youtube. Selain itu, Bunda bisa melaporkan kalau ada konten yang nggak sesuai. Iya, sebagai orang tua kita harus perduli terkait dunia digital juga.
  1. Ajarkan anak sesuai pemahamannya
    Setiap orang memiliki level pemahaman yang berbeda-beda, begitu juga dengan si anak. Apa yang menurut orangtua boleh dan tidak boleh itu tidak sama dengan pemikiran semua orang. Dalam memberi tahu anak, kita jangan langsung memberitahukannya secara sekaligus, tapi secara bertahap step by step. Ini penting untuk menjelaskan kepada si kecil, kenapa dia boleh dan tidak boleh melakukan sesuatu.
  1. Batasi penggunaan handphone sesuai kesepakatan waktu bermain
    Orangtua bisa membatasi si anak untuk bermain handphone misalnya, hanya membolehkannya saat weekend saja. Meski begitu, kita juga harus punya rules dalam menentukan waktu bermainnya.Jika si anak sudah besar, otomatis dia juga selalu memiliki akal untuk bermain handphone dengan cara yang dia lakukan tanpa orangtua ketahui. Soalnya anak semakin besar pasti semakin pintar, maka sebagai orangtua kita juga harus mencari akal lain agar anak bisa tetap terkontrol, sehingga terbebas dari paparan pornografi atau kekerasan dari handphone.(RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates