Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Ini 3 Perubahan Memasuki Masa Tua

Ini 3 Perubahan Memasuki Masa Tua

Ini 3 Perubahan Memasuki Masa Tua

Ini 3 Perubahan Memasuki Masa Tua (Foto: dok. youngempowering.blogspot.com)

Ini 3 Perubahan Memasuki Masa Tua – Seiring bertambahnya usia setiap manusia pasti akan bertambah tua. Pakar menyebut saat memasuki masa tua, ada beberapa perubahan yang terjadi pada diri setiap orang.

Veronica Adesla, psikolog klinis dari Personal Growth, mengatakan perubahan yang terjadi saat memasuki usia tua meliputi tiga aspek, yakni perubahan fisik, kognitif dan psikososial. Tiap-tiap aspek yang berubah memiliki pengaruh yang berbeda kepada dirinya.

“Misalnya pada perubahan fisik, perubahan yang mudah terlihat adalah pada tampilan fisik mereka, yaitu kulit keriput, rambut memutih, gigi mulai tanggal dan postur tubuh yang terlihat semakin mengecil ataupun membungkuk,” kata Veronica.

Dijelaskannya, ada pula perubahan fisik yang tidak terlihat secara langsung. Contohnya adalah sistem indera dan psikomotorik yang lemah, penglihatan dan pendengaran menurun, keseimbangan tubuh berkurang serta perubahan pada sistem saraf, pencernaan, pernapasan hingga imunitas.

Sedangkan perubahan kognitif pada lansia terkait dengan penurunan kemampuan untuk mengingat atau menyimpan informasi baru. Hal ini membuat mereka sulit untuk belajar mengunakan teknologi seperti fitur aplikasi pada smartphone.

Aspek ketiga adalah perubahan psikososial. Perubahan psikososial merujuk pada perubahan minat, sikap, keyakinan diri dan peran di lingkungan. Misalnya yang tadinya kerja sekarang sudah pensiun, atau sebelumnya gemar berolahraga berat seperti futsal dan tenis kini karena keterbatasan fisik lebih menyukai senam atau jalan pagi.

Dikatakan Veronica, perubahan ini memerlukan kemampuan adaptasi yang baik. Seseorang yang memasuki masa tua dan mengalami perubahan aspek fisik, kognitif dan psikososial tanpa disertai adaptasi akan membuatnya lebih mudah mengalami emosi negatif.

“Lansia harus beradaptasi terhadap ketiga perubahan fisik, kognitif, dan psikososial yang dialaminya ini. Ketidaksiapan lansia menghadapi dan menerima perubahan yang terjadi dapat memicu munculnya emosi marah, mudah tersinggung, kesal, sedih, dan frustasi,” paparnya. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates