Selasa , 17 Oktober 2017
Home » Artikel » Ini 8 Tanda Anak Lagi Stres

Ini 8 Tanda Anak Lagi Stres

Ini 8 Tanda Anak Lagi Stres

Ini 8 Tanda Anak Lagi Stres (Foto: dok. kesekolah.com)

Ini 8 Tanda Anak Lagi Stres – Stres tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun bisa mengalaminya, meskipun dengan ciri-ciri yang sedikit berbeda.

Penyebab stres pada anak bisa bermacam-macam mulai dari sesimpel masalah pekerjaan rumah hingga efek dari bullying ataupun perceraian orangtua. Berikut ciri-ciri anak yang sedang mengalami stres, bagian pertama:

  1. Mimpi buruk
    Sering mengalami mimpi buruk merupakan salah satu ciri paling umum yang muncul ketika anak sedang mengalami stres. Buntutnya, anak malas atau menolak ketika disuruh tidur karena tidak ingin mengalami mimpi buruk. Jika begini, orangtua sebaiknya menemani anak sambil tertidur sembari membacakan dongeng agar tidurnya menyenangkan.
  2. Sulit konsentrasi
    Sulit konsenstrasi merupakan ciri anak sedang memiliki masalah. Biasanya, sulit konsentrasi yang terjadi sekolah berhubungan dengan tuntutan dan prestasi anak di sekolah. Bisa saja anak sulit konsentrasi karena orangtua selalu membandingkan anak dengan teman lainnya. Atasi masalah ini dengan beri pujian serta motivasi optimis.
  3. Perilaku agresif
    Memukul, menendang, marah atau tantrum merupakan ciri perilaku agresif yang muncul karena anak stres. Biasanya perilaku agresif terjadi ketika anak tidak mendapatkan apa yang ia mau. Jika anak mengalami masalah ini, segera cari sumber stresnya. Jangan sampai perilaku agresif anak membuatnya jadi bully yang malah merugikan diri sendiri.
  4. Ngompol
    Stres juga bisa menyebabkan anak sering merasa gelisah, yang menyebabkan anak cenderung ngompol saat tidur. Ketika ini terjadi, jangan memarahinya. Ganti saja kasur atau seprei anak dengan yang baru dan tanyakan apa yang sedang ia pikirkan atau takutkan.
  5. Hiperaktif
    Selain perilaku agresif, anak yang stres juga bisa menunjukkan perilaku hiperaktif seperti berlarian dan terus menerus melawan perkataan orangtua. Hal ini merupakan perwujudan dari pelepasan energi negatif yang ada pada diri anak saat stres. Untuk mengatasinya, coba ajak anak melakukan olahraga di luar ruangan.
  6. Berdiam diri
    Anak yang berdiam diri belum tentu pemalu. Mungkin ia sedang mengalami stres, misalnya karena di-bully oleh temannya di sekolah atau takut akan sesuatu. Ketika anak seperti ini, ada baiknya orangtua menanyakan pihak sekolah tentang perilakunya.
  7. Susah tidur
    Susah tidur atau insomnia juga bisa dialami anak saat stres. Hal ini berkaitan dengan masalah yang dihadapi sehingga anak memiliki banyak pikiran. Susah tidur juga bisa terjadi karena anak takut mengalami mimpi buruk atau ngompol, dua ciri lain yang muncul saat anak stres.
  8. Sakit perut
    Sakit perut dan gangguan pencernaan merupakan salah satu ciri utama anak mengalami stres. Saat stres, sistem pencernaan terganggu dan menyebabkan konstipasi. Jika anak sakit perut saat akan pergi sekolah, patut dicurigai ia memiliki masalah dengan teman sebayanya di sekolah. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates