Senin , 13 November 2017
Home » Artikel » Ini Cara Bedakan Gejala Penyakit Jantung dan Masuk Angin (bagian 1)

Ini Cara Bedakan Gejala Penyakit Jantung dan Masuk Angin (bagian 1)

Ini Cara Bedakan Gejala Penyakit Jantung dan Masuk Angin

Ini Cara Bedakan Gejala Penyakit Jantung dan Masuk Angin (Foto: dok. alodokter.com)

Ini Cara Bedakan Gejala Penyakit Jantung dan Masuk Angin (bagian 1) – Penyakit jantung atau dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah) koroner mengalami kerusakan. Tumpukan kolesterol pada pembuluh darah serta proses peradangan diduga menjadi penyebab penyakit ini.

Penyakit inipun susah dikenali secara kasat mata. Sebab, penyakit jantung terkadang disepelekan dengan beranggapan itu adalah masuk angin.

dr Siska Suridanda Danny Sp.JP(K) mengatakan, bahwa cara mengetahui tanda itu adalah penyakit jantung dengan merasakan gejala awal yang datang. Seperti sakit didaerah dada yang terasa seperti ditindih atau dibebani.

“Gejala jantung khas itu ada di dada rasa nyerinya itu kayak ditindih di bagian tengah atau kiri bisa ke rahang, lengan, bahu dan ulu hati,” ujar dr Siska Suridanda Danny Sp.JP(K), di Jakarta.

Tidak hanya itu, muntah yang disebabkan sakit didada dapat dikenali bahwa anda memang terkena penyakit jantung. Dibandingkan masuk angin yang memiliki jenis muntah berbeda.

“Nyerinya itu hebat sampai enggak bisa aktivitas akibat nyeri dan disertai mual dan muntah yang bisa membahasi baju,” katanya.

Untuk itu, jika merasa itu adalah gejala penyakit jantung disarankan agar langsung periksa ke dokter. Mengingat penyakit jantung susah untuk dikenali.

“Gejala misalnya, asam lambung tinggi atau kolik empedu. Lebih baik dipersiapkan daripada dianggap asam lambung,” katanya. (RN)

BACA JUGA: Kupas Tuntas Penyakit Jantung

  1. Bagian 1
  2. Bagian 2
  3. Bagian 3
  4. Bagian 4
  5. Bagian 5
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates