Senin , 13 Agustus 2018
Home » Artikel » Ini Cara Menghadapi Anak yang Mulai Pacaran

Ini Cara Menghadapi Anak yang Mulai Pacaran

Ini Cara Menghadapi Anak yang Mulai Pacaran

Ini Cara Menghadapi Anak yang Mulai Pacaran (Foto: dok. republika.co.id)

Ini Cara Menghadapi Anak yang Mulai Pacaran – Anak pasti mengalami banyak perubahan tatkala menginjak masa remaja. Salah satunya, anak mulai menunjukkan ketertarikan pada lawan jenisnya. Hampir semua orang pernah merasakan menyukai lawan jenis pada masa ini. Namun orangtua sering kali merasa khawatir dan bingung menghadapi situasi ini.

Menurut Psikolog Tika Bisono, ketertarikan pada lawan jenis merupakan hal wajar yang mulai dirasakan oleh para remaja. Hal itu disebabkan kegiatan hipofisis atau kelenjar otak yang merangsang kerja hormon mulai naik.

Dalam menghadapi anak-anak yang mulai berpacaran, Tika membagikan beberapa cara yang perlu diketahui orangtua:

Pertama, jangan merasa sudah kenal anak. Sejatinya, anak-anak yang sudah mulai beranjak remaja mengalami banyak perubahan. Karena itu, diperlukan perlakuan yang berbeda pula kepada anak. Jika orangtua salah dalam memperlakukan anak remaja, biasanya akan muncul pertentangan. Di samping itu, anak akan merasa tidak nyaman terbuka kepada orangtua.

Kedua, remaja butuh penyaluran. Berikan ruang untuk anak mengembangkan dirinya dengan kegiatan di luar rumah. Misalnya, olahraga, bergabung dengan komunitas, dan kegiatan positif lainnya.

Ketiga, orangtua harus menjadi kawan. Ubah cara komunikasi, gaya bahasa, gaya pakaian, dan gaya menegur dengan gaya yang bisa diterima anak.

Keempat, jadilah pendengar yang baik. Upayakan Anda adalah orang pertama yang mengetahui masalah yang sedang dihadapi anak. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates