Senin , 20 November 2017
Home » Artikel » Ini Gejala Bayi Terserang Infeksi Virus

Ini Gejala Bayi Terserang Infeksi Virus

Ini Gejala Bayi Terserang Infeksi Virus

Foto: dok. tempo.co

Ini Gejala Bayi Terserang Infeksi Virus – Jika bayi atau anak balita menunjukkan kondisi tak biasa seperti diare, mual dan demam tinggi, perhatikan apakah ada kemungkinan anak terinfeksi virus. Dengan begitu, anak bisa segera dibawa ke dokter dan mendapatkan pengobatan segera.

Seperti disampaikan oleh dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo, Surabaya, bahwa infeksi virus seperti rotavirus dan adenovirus, serta bakteri salmonella seringkali menunjukkan gejala khas. Untuk rotavirus, gejala yang muncul biasanya berupa demam, diare, mual serta muntah-muntah. Sedangkan gejala yang muncul untuk adenovirus biasanya bergantung pada lokasi di mana infeksi tersebut terjadi.

“Kalau yang diserang sistem pencernaan misalnya, gejala yang muncul bisa serupa dengan infeksi rotavirus,” imbuh dr Meta. Sementara itu, kontaminasi salmonella pada produk makanan dapat mengakibatkan demam tinggi, diare, nyeri perut, serta pusing dan sakit kepala.

“Infeksi salmonella juga sering menimbulkan gejala pada kulit seperti kulit terasa gatal dan timbul bercak-bercak kemerahan. Bahkan pasien bisa juga sampai kehilangan kesadaran,” tuturnya.

Saat bayi sudah menunjukkan gejala diare, jika anak tak mau minum perlu diwaspadai karena risiko berikutnya anak bisa lemas karena dehidrasi. Pada bayi, kondisi ini seringkali membuatnya lemas dan menjadi malas menyusu. Baru-baru ini di Queensland, Australia terjadi kasus di mana seorang bayi bernama Logan (10 bulan) terinfeksi oleh rotavirus, adenovirus dan salmonella.

Menurut dokter setempat, virus ini diduga datang dari pegangan troli tempat Logan duduk saat menemani ibunya, Vivienne Wardrop, berbelanja. Gejala yang ia alami yakni muntah-muntah, demam tinggi dan dehidrasi. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates