Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Ini Peran Penting Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak

Ini Peran Penting Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak

Ini Peran Penting Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak

Foto: doc. raden.id

Ini Peran Penting Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak – Tak hanya ibu, ayah juga berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak. Nah, apa saja peran penting yang tak boleh terlewatkan tersebut?

Menurut psikolog Naomi Soetikno, peran-peran tersebut di antaranya ‘structure, warm, accesibility dan playing’. Tanpa peran ini, perkembangan anak bisa menjadi kurang seimbang.

“Pada dasarnya rumah tangga akan lemah arahnya jika tidak memiliki kepala keluarga yang tegas menerapkan aturan pada anak-anaknya. Ini peran ‘structure’. Tapi ingat, ini perlu diimbangi juga dengan ‘warm’,” tutur dosen Universitas Tarumanegara tersebut.

‘Warm’ adalah ketika ayah mampu menjadi tempat anak-anak mencurahkan isi hatinya. Ya, tak selalu dengan ibu, sesekali anak butuh figur ayah untuk bisa bercerita dan mengutarakan pikirannya.
“Berikutnya, ayah juga harus mudah diakses oleh anak di sela-sela pekerjaannya. Ini akan membuat anak selalu aman dan terlindungi walaupun ia tidak sedang bersama ayahnya,” terang Naomi.

Yang terakhir adalah ‘playing’, di mana ayah harus termotivasi untuk bermain bersama anak-anaknya. Pada usia 0-2 tahun, Naomi menjelaskan bahwa bermain bersama ayah akan membantu perkembangan sensor motorik anak. Sedangkan pada anak berusia 2-5 tahun, bermain dapat membantu perkembangan logika.

“Anak yang banyak bermain bersama ayahnya, logika dalam berpikir akan lebih jalan, sedangkan anak yang lebih dekat dengan ibu biasanya lebih ‘hangat’ karena sifat ibu yang lebih ‘ngemong’. Tapi tentu akan sangat baik jika anak bisa dekat secara emosional dengan kedua orangtuanya,” terang Naomi. (RN)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates