Selasa , 14 November 2017
Home » Artikel » Inilah 5 Makanan ‘Rahasia’ Umur Panjang Orang Jepang

Inilah 5 Makanan ‘Rahasia’ Umur Panjang Orang Jepang

Inilah 5 Makanan ‘Rahasia’ Umur Panjang Orang Jepang

Foto: dok. okezone.com

Inilah 5 Makanan ‘Rahasia’ Umur Panjang Orang Jepang – Sudah jadi rahasia umum kalau warga Jepang mayoritas berumur panjang. Semasa hidup, mereka juga diketahui hampir selalu berada dalam kondisi sehat.

Sampai saat ini mungkin masih banyak yang belum tahu alasannya. Namun sejumlah ahli menyatakan, orang Jepang memiliki kesehatan yang prima dan umur panjang karena makanannya. Seorang Ahli Nutrisi dari London, Cassandra Barns pun mengungkapkan 5 makanan diet dari Jepang yang bisa membantu memperpanjang usia.

Berikut rangkumannya:

  1. Ikan
    Ikan merupakan sumber asam lemak omega tiga yang sangat berguna bagi kesehatan jantung. Hebatnya bukan cuma memperlancar aliran darah. Ikan juga sangat berguna bagi otak, mata dan mencegah peradangan. Sebagai bonus, ikan pun kaya kandungan selenium yang merupakan bagian vital untuk imun setiap manusia. Tidak hanya itu, ikan pun mengandung vitamin B yang berguna bagi keseimbangan otak. Dan hebatnya, makan ikan adalah satu budaya turun temurun di Negeri Matahari Terbit.
  2. Miso dan Umami
    Satu dari rahasia kesehatan wanita Jepang adalah mengonsumsi makanan kedelai yang difermentasi, seperti miso dan pasta umami. Kedua makanan ini mengandung isoflavon yang dipercaya sangat baik bagi wanita usai menopause. Mengonsumsi isoflavon juga dapat mencegah kanker payudara dan gangguan endometrium, yang biasanya terjadi ketika perempuan mengalami menopause. Islovlavon yang ada dalam fermentasi kedelai juga punya manfaat lain yang tak kalah dahsyat. Yaitu mampu membantu kepadatan tulang.
  3.  Rumput Laut
    Onigiri adalah nasi kepal khas jepang yang banyak dijual di pinggir jalan atau supermarket. Onigiri sendiri makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat dan dibawahnya ditutupi dengan nori atau rumput laut kering. Rumput laut sudah lama dianggap sebagai makanan super sejati. Sebab ia kaya mineral, seperti iodine, zinc, mangnesium, kalsim, potasium dan banyak lagi. Semua kandungan tersebut sangat baik bagi sistem imun manusia, untuk anti oksidan dan kesehatan jantung. Brans menyebut, banyak orang dalam menjalankan diet melakukan kesalahan besar. Yaitu tidak banyak mengonsumsi mineral. Sementara itu, semua mineral yang dibutuhkan dalam diet sebenarnya ada di dalam rumput laut. “Bahkan saat kita diet dan makan banyak sayur, kita tak cukup dapat mineral (yang dibutuhkan dalam diet), itu karena tanah tempat (sayuran) tumbuh mineralnya bisa habis, tetapi ini tentunya tak berlaku bagi tanaman yang tumbuh dalam laut,” sebut Brans.
  4. Teh Matcha
    Matcha merupakan bubuk yang dibuat dari daun teh hijau yang sudah terkenal akan khasiatnya dalam menyehatkan tubuh. Teh hijau atau matcha adalah spesifikasi tertinggi dari flavonol atau yang biasa disebut Katekin. Dengan adanya flavonol dalam tubuh maka daya tahan tubuh terhadap penyakit akan meningkat. Bukan cuma itu, guna flavonol yang tak kalah mencengangkan ialah dapat mencegah sejumlah penyakit. Di antaranya, Alzheimer, jantung dan bahkan kangker.
  5. Sayuran Acar
    Acar merupakan bentuk fermentasi dari sayur-sayuran. Makanan ini kerap dikomsumsi masyarakat Jepang. Di dalam acar terdapat sumber alami probiotik yang sangat berguna mendukung kesehatan pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam makanan. Brans pun menyatakan, kesehatan usus dan pencernaan sangat penting. Karena 75 persen sistem kekebalan tubuh berasal dari dalam usus kita. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates