Selasa , 21 November 2017
Home » Artikel » Inilah 6 Tanda Awal Alzheimer yang Tidak Disadari

Inilah 6 Tanda Awal Alzheimer yang Tidak Disadari

Bagi para senior atau lanjut usia, penyakit Alzheimer merupakan momok yang mengerikan. Penyakit hilang ingatan itu kerap menghantui para senior. Tapi, tanpa disadari ada gejala lain yang tidak pernah terpikir oleh Anda yang merupakan gejala dari Alzheimer. Berikut tanda-tandanya:

  1. Tertawa tidak tepat
    Misalnya ada anggota keluarga sedang menceritakan peristiwa menyedihkan yang dialaminya, harusnya empati atau pelukanlah yang keluar. Tapi apakah Anda malah tertawa setelah mendengar cerita tersebut? Jika iya, itu merupakan tanda awal Alzheimer.
  2. Kehilangan indra penciuman
    Beberapa studi menunjukkan bahwa hilangnya indra penciuman bisa jadi merupakan sinyal penurunan mental. Pada bulan November 2015, sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Neurology menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua memiliki skor terendah untuk tes bau lebih mungkin memiliki masalah pada memori otak.
  3. Sering Jatuh
    Sering jatuh juga menjadi tanda peringatan awal penyakit Alzheimer. Hal ini diungkapkan oleh para peneliti dari Washington University di St Louis. Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurology tahun 2013, para peneliti berspekulasi bahwa perubahan sistemik dalam tubuh yang tidak terkait dengan perubahan dalam otak, dapat terjadi pada pasien Alzheimer sebelum otak terpengaruh.
  4. Perubahan dalam kebiasaan makan
    Pada awal Alzheimer, termasuk kasus-kasus yang belum didiagnosis, pasien dapat makan tanpa henti atau tidak sama sekali.
  5. Sering menatap atau melamun
    Sikap apatis dapat menjadi tanda bahwa otak tidak memproses informasi secara normal. Pernah ada satu kasus bahwa ada seorang laki-laki yang adiknya didiagnosis mengidap Alzheimer. Laki-laki itu sering menemukan adiknya menghidupkan TV dan hanya menatap layar TV tanpa bereaksi.
  6. Tidur terganggu
    Ada kecenderungan orang yang tidurnya terganggu menderita Alzheimer. Ini tentu saja menimbulkan perilaku yang tidak sehat. Perilaku itu kemungkinan berasal dari disorientasi dengan ruang dan waktu yang banyak dialami oleh pasien Alzheimer. (RN)
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates